Heri Yudiansyah, S.Ag.,MA

Lahir di Magetan, 26 Juni 1976. Setamat MAPK Koto Baru Padang Panjang Sumbar, melanjutkan kuliah di IAIN Imam Bonjol Padang. Pendidikan S2 di selesaikan di Pasc...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jenis Buah Kurma (Literasi 3)
Pencerahan

Jenis Buah Kurma (Literasi 3)

#tagur_365_days98

Kurma merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan. Di balik manfaatnya itu, ternyata jenis kurma pun cukup beragam. Setiap jenis kurma ini memiliki ciri khas masing-masing yang cukup unik, ada kurma yang teksturnya kering, ada pula yang teksturnya basah.

Selain itu, ada juga jenis kurma yang ukurannya besar, tetapi jenis kurma lainnya berukuran kecil.

Setiap jenis kurma ini memiliki nama yang berbeda, sehingga pembeli bisa membedakannya dengan lebih mudah. Meskipun kurma memiliki jenis yang beragam, tetapi kandungan nutrisi dan manfaatnya hampir sama.

Diantara jenis kurma yang biasa muncul dibawa dari luar negeri ke daerah Indonesia sebagai berikut :

1. Kurma ajwa atau kurma nabi adalah salah satu kurma yang terkenal dan banyak dicari di Indonesia. Kurma ini berasal dari wilayah Arab Saudi bagian barat.

Ciri-ciri kurma ajwa adalah memiliki warna hitam dengan rasa yang tidak terlalu manis. Tekstur dari kurma ajwa lebih lembut ketika digigit.

2. Kurma sukari bahkan disebut sebagai kurma keluarga kerajaan Arab Saudi. Kurma ini berasal dari wilayah budidaya di Al Qaseem, Arab Saudi.

Kurma sukari memiliki rasa yang legit, manis serta daging yang lembut.

3. Kurma barhi atau berhee merupakan jenis kurma di Indonesia yang berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara. Bentuk kurma barhi lebih kecil dan memiliki tekstur yang renyah dengan lapisan kulitnya yang tipis. Daging kurma barhi terasa lembut.

4. Jenis kurma di Indonesia yang juga populer adalah kurma medjool. Kurma ini banyak datang dari Maroko dan juga mulai ditanam di Amerika Serikat hingga Afrika. Bentuk kurma medjool sedikit lebih besar dari jenis kurma lain dengan warna yang gelap. Rasa kurma medjool cenderung seperti karamel.

5. Jenis kurma deglet noor memiliki rasa yang tidak terlalu manis dengan ukuran lebih kecil dan berwarna kuning cerah. Budidaya kurma deglet noor menyebar dari Aljazair, Tunisia, Libya, hingga Amerika Serikat.

Itulah sekelumit literasi yang penulis ambil dari pengetahuan berbagai referensi, sehingga menambah wawasan kita, di saat membeli atau makan buah kurma di bulan Ramadan.

Selamat menunaikan ibadah puasa, dan selamat berbuka dengan buah kurma bersama keluarga, dan famili lainnya.

Kiambang, 09/04/2022

_heriyudiansyah_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

09 Apr
Balas

makasi... sukses dan sehat selalu untuk bapak..

10 Apr
Balas



search

New Post