Herli Afrida

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jarak perpindahan

#Tantangan_hari_ke_3

Hari yang sejuk, embun pagi yang masih menetes didaunan. Uni dan Adik berjalan beriringan berangkat ke Sekolah.

"Uni, kawan Adik ada yang pindah sekolah?"

"Kemana."

"Katanya ke Padang ikut bapaknya, bapaknya pindah kerja."

"Oooo, wajarlah dari sini ke Padangkan jauh."

"Berapa jarak dari sini ke Padang Uni?"

"Sekitar delapan puluh lima kilo meter."

"Jauh ya, jarak perpindahannya Uni."

"Jarak dengan perpindahan itu beda Adik."

"Hah, beda? Jarak dan perpindahan itu bukannya sama, Uni?" Adik mulai penasaran.

"Iya, beda."

"Tidak mungkin Uni, Jarak pastilah sama dengan perpindahan." protes Adik.

"Beda, Adik, Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu objek yang bergerak, mulai dari posisi awal dan selesai pada posisi akhir. Sedangkan, Perpindahan yaitu perubahan kedudukan yang diukur dari titik awal hingga titik akhir yang dicapai oleh suatu benda dengan memperhatikan arahnya." terang Uni panjang lebar.

"Adik, tidak paham Uni."

"Adik tau berapa jarak dari rumah ke Sekolah?" tanya Adik.

"Jaraknya sekitar seratus meter."

"Berarti kita sudah berpindah dari rumah sejauh seratus meter ya Uni.

"Iya," jawab Uni.

"Sekarang kita sudah sampai di pagar Sekolah Uni, jarak yang kita tempuhkan sudah seratus meter berarti kita juga sudah pindah sejauh seratus meter Uni." Adik protes.

"Sekarang gini Adik, Adik jalan lagi dari pagar sekolah ke rumah Nindi, kira-kira berapa perpindahan Adik dari rumah dan berapa jarak yang sudah Adik tempuh," tanya Uni.

"Dari rumah kita ke rumah Nindi jaraknya lima puluh meter, dari rumah ke Sekolah seratus meter, dari Sekolah ke rumah Nindi lima puluh meter, jadi yang mana yang perpindahan Uni dan mana yang jarak?" tanya Adik bingung.

"Jarak itu jumlah lintasan Adik."

"Jadi, jika jumlah lintasan dari rumah ke sekolah seratus ditambah dari sekolah kerumah Nindi lima puluh meter. Jadi, seratus ditambah lima puluh hasilnya seratus lima puluh, ooo, berarti itu jarak ya Uni." Adik terlihat mengangguk

"Cendekia, betul sekali. Sedangkan perpindahan yaitu perubahan kedudukan yang diukur dari titik awal hingga titik akhir."

"Titik awal rumah kita, titik akhir rumah Nindi, jadi, perpindahannya lima puluh meter, iiiihaaaaa.. Jarak jadinya seratus lima puluh meter dan perpindahannya lima puluh meter. Betulkan Uni, Adik Uni gitu lo."

"Betul, Adik Cendekia."

Mereka berdua kembali melangkah masuk ke pekarangan sekolah dengan semangat. Terlihat teman-temannya yang lain juga sudah berdatangan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post