Herli Afrida

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kecepatan

Kecepatan

#Tantangan_hari_ke_5

Hari sudah mulai teduh, tidak sepanas siang tadi. Uni ingin mengantar catatan IPA yang dipinjamkan tadi pada teman sebangkunya Ria. Jarak rumah Ria yang agak jauh dari rumah, membuat Uni minta tolong pada Bapak untuk mengantarnya. Adik juga ingin ikut, saat mengetahui Bapak dan Uni pergi ke rumah Ria.

"Dimana rumahnya?" tanya Bapak sesaat setelah mobil keluar dari pekarangan rumah.

"Di jalan Patimura Blok A No 36, Pak."

"Uni pernah ke rumahnya?" tanya Bapak lagi.

"Belum, Pak, Uni nyarinya lewat GPS aja, pasti rumahnya ketemu."

Jalan terlihat agak ramai dari biasanya, hal ini karena jam pulang kerja.

"Coba cari aja sekarang, sebentar lagi jalan Patimura, di depan ada minimarket, kalau tidak salah itu simpangnya."

"Iya, Pak." Uni mengeluarkan ponsel dan mencari alamat tujuannya.

"Betul, pak, di depan ada simpang nanti belok kiri ya, Pak." Uni menunjuk persimpangan di depannya.

"Dalam seratus meter, belok kiri." Terdengar notifikasi dari GPS."

"Belok kiri." Pemberitahuan kembali oleh GPS.

"Belok kiri, Pak," jelas Uni.

"Anda sampai ditujuan." Ani mematikan ponselnya dan terlihat Ria berada di depan rumahnya.

Uni keluar dari mobil dan memberikan catatan yang telah dipinjamnya tadi. Tak lama kemudian, Uni telah kembali ke mobil. Sambil melambaikan tangan mereka berlalu dari rumah Ria.

"Uni, ponsel Uni pintar ya, lebih tau ponsel dibanding Uni. Padahal kak Ria itukan kawan Uni." Adik mulai penasaran.

"Itu adalah aplikasi Google Maps yang menggunakan sistem GPS, Adik."

"Google map, map itu berarti petakan, Uni?"

"Iya, Aplikasi semacam Google Maps menggunakan sistem GPS untuk menentukan lokasi pengguna saat itu, namun bukan hanya itu fungsi dari Google Maps. Google Maps juga dapat menampilkan peta, rute perjalanan, dan misalnya restoran atau SPBU terdekat dari posisi pengguna. Semua itu tidak didapatkan dari GPS, melainkan dari server Google Maps. Aplikasi Google Maps menghubungi server melalui koneksi data," jelas Uni.

"Terus apa manfaat GPS itu Uni?"

"GPS adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mencari lokasi kita di Bumi. GPS berfungsi di seluruh lokasi di Bumi, selama sinyal GPS dari satelit bisa dijangkau oleh perangkat GPS yang digunakan.Sistem GPS hanya dapat memberikan informasi-informasi: derajat bujur, derajat lintang, ketinggian dan waktu. Informasi lain di luar itu sudah pasti tidak didapatkan dari sistem GPS," jelas Uni panjang lebar.

"Selain itu, Untuk bisa menentukan posisimu, Sistem GPS memerlukan 3 satelit. Satelit GPS itu tidak tahu posisi kita. Satelit GPS hanya tahu jarak antara dirimu dengan satelit. Dengan cara: mengirimkan sinyal ke satelit, kemudian kita mendapatkan perhitungan selisih waktu antara sinyal yang kita kirim dan sinyal yang diterima oleh satelit. Karena yang dikirimkan ke satelit adalah sinyal radio, maka sinyal tersebut memiliki kecepatan c (kecepatan cahaya = 299.792 km / detik )

Jarak = kecepatan x waktu

d = v ×t

d = c ×△t," jelas Uni lagi.

"Waw, hebat ya, Uni. Tadi Adik juga lihat di google map terlihat ada waktunya, terus juga seperti ini dalam seratus meter belok kiri." Adik mencoba menirukan suara dari google map.

"Betul sekali, oleh sebab itu, kecepatan kita mempengaruhi waktu tempuh untuk mencapai suatu jarak tertentu."

"Oya, jika kita tambah kecepatan otomatis waktunya kecil, Uni, jika kecepatannya kecil ya waktu tambah banyakkan Uni."

"Adik cendekia, betul, nilainya seratus, terus apa hubungan waktu dengan jarak, coba Adik jelaskan bagaimana hubungannya?" tanya Uni.

"Hm,hm, kalau jarak jauh ya waktunya juga lama. Iyakan Uni."

"Iya,"

"Selain kecepatan ada juga namanya kelajuan."

"Kecepatan dan kelajuan, bukankah sama, Uni?"

"Beda, Adik, Kelajuan yaitu perbandingan antara jarak yang ditempuh dengan selang waktu yang diperlukan benda. Sedangkan Kecepatan adalah perpindahan suatu benda dibagi selang waktunya."

"(Oooooo)" Mulut Adik membulat sempurna. Menandakan ia sudah paham.

Terlalu asyik bercerita, tanpa terasa mobil telah masuk ke pekarangan rumah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post