Herli Afrida

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
sel

sel

ORGANISASI KEHIDUPAN

1.1 SEL

FAKTA !!!!

Amatilah tubuhmu! Apa saja penuyusun tubuhmu? Tubuh makhluk hidup disusun oleh suatu organisasi yang rumit. Setiap organisasi pasti memiliki unit penyusunnya, setiap unit penyusunnya memiliki bentuk, struktur dan fungsi yang khusus. Unit penyusun terkecildari kehidupan yaitu sel.

Setiap organisme tersusun atas salah satu dari dua jenis sel yang secara struktural berbeda. Kedua jenis sel tersebut adalah sel prokariotik dan sel eukariotik. Sel prokariotik hanya terdapat pada monera (bakteri dan ganggang biru). Sel eukariotik terdapat pada protista, jamur, tumbuhan dan hewan.

JELAJAH ILMU

Sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup sel tidak bisa dilihat oleh mata tanpa alat bantu. sel pertama kali ditemukan oleh Robert Hooke, menurutnya sel itu seperti sarang lebah ah atau penjara titik seiring berkembangnya waktuu, ditemukan alat-alat yang dapat melihat benda-benda kecil, yaitu mikroskop dengan ditemukannya mikroskop berkembang pola teori sel. berikut adalah teori sel menurut para ahli.

Sel terdiri atas beberapa bagian secara umum sel terdiri atas tiga bagian yaitu membran sel, inti sel dan sitoplasma.

1. Membran sel

Membran sel merupakan selaput yang membungkus seluruh isi sel membran sel berfungsi sebagai pertukaran keluar masuknya zat-zat seperti oksigen zat makanan dan sisa metabolisme dinding sel hanya terdapat pada tumbuhan tersusun atas selulosa. selain melindungi sel, dinding sel juga menjaga bentuk sel tumbuhan menjadi tetap dan kaku.

2. Inti sel

Inti sel merupakan bagian sel paling penting yang disebut juga dengan nukleus Inti sel merupakan bagian sel yang mengatur seluruh kegiatan sel bentuk inti sel umumnya bulat titik di dalam inti sel terdapat kromosom yang merupakan benang-benang yang membawa sifat keturunan.

3. Sitoplasma

Sitoplasma merupakan cairan yang mengisi seluruh bagian sel titik di dalam sitoplasma terlarut zat makanan dan zat-zat lainnya. Selain itu terdapat benda-benda khusus yang disebut dengan organel sel dan rongga sel (vakuola). di dalam organel sel tersebut terdapat antara lain:

1. Ribosom berbentuk butiran-butiran titik ribosom ada yang menempel pada membran retikulum endoplasma dan ada pula yang bebas di sitoplasma. ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein atau pembentukan protein.

2. Mitokondria berfungsi untuk melakukan respirasi sel atau pernafasan sel untuk mendapatkan energi.

3. Badan golgi merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengangkut atau pengeluaran zat-zat yang dihasilkan sel.

4. Retikulum endoplasma merupakan saluran berliku yang membentang dari inti sel menuju ke sitoplasma ada dua tipe yaitu RE kasar dan halus. Pada membran RE kasar terdapat di Museum. RE halus tidak ditempeli ribosom Siti berperan dalam membuat dan menyalurkan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh organel-organel sel.

5. Vakuola merupakan rongga sel. pada vakuola terdiri dari dua macam yaitu: vakuola berdenyut berfungsi untuk pengeluaran sel vakuola makanan berfungsi sebagai tempat pencernaan makanan.

6. Kloroplas adalah warna hijau daun.

7. Lisosom Merupakan bagian yang mengandung enzim yang berfungsi untuk pencernaan di dalam sel.

8. Sentriol berperan dalam pembelahan sel dan hanya dimiliki oleh sel hewan.

9. Plastida Hanya terdapat pada tumbuhan. plastida mengandung pigmen tertentu. kloroplas merupakan plastida yang berwarna hijau karena memiliki klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis. Kromoplas berwarna kuning karena memiliki pigmen xantofil. Berfungsi sebagai tempat cadangan makanan.

Sel hewan dan sel tumbuhan memiliki beberapa persamaan dan perbedaan penyusun strukuturnya.Perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan terdapat pada tabel 1.1 berikut ini

Tabel 1.1 Perbedaan struktur hewan dan tumbuhan.

Organel sel

Fungsi sel

Hewan

Tumbuhan

Nukleus

Reproduksi

Ada

Ada

Nukleolus

Sintesis ribosom

Ada

Ada

Ribosom bebas

Sintesis Protein

Ada

Ada

Ribosom terikat RE

Ada

Ada

RE halus

Sintesis dan penyaluran bahan

Ada

Ada

RE kasar

Ada

Ada

Golgi

Modifikasi dan penyaluran produk RE

Ada

Ada

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post