Herlina

Menulislah hingga dunia di sekitarmu berubah karena torehan penamu. Taburlah benih yang baik, sekalipun tanah disekitarmu tandus. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Inovasi Mind Mapping Online dalam Pembelajaran Sejarah
Kumpulan Mind Mapping Peserta Didik

Inovasi Mind Mapping Online dalam Pembelajaran Sejarah

Pembelajaran sejarah disatu sisi merupakan kewajiban moral untuk melestarikan dan mewariskan nilai-nilai peradaban umat manusia. Disi lain dengan mewariskan nilai ini, individu belajar menata masa depan berdasarkan konteks sosial dimana mereka hidup. Sejarah selalu mengandung dua unsur yaitu tradisi dan prediksi atau antisipasi dimasa depan. Akan tetapi dalam dunia pendidikan masa kini dimana pembelajaran sejarah seolah tak penting lagi bagi setiap siswa bahkan tidak sedikit tanggapan orang mengatakan bahwa pembelajaran sejarah adalah pembelajaran konvensional yang akan membawa peserta didik kesituasi yang menjenuhkan dan mengatakan bahwa belajar sejarah membosankan karena guru hanya terpaku pada cerita dengan komunikasi satu arah dan hafalan peristiwa apa lagi dalam kondisi pandemi saat ini tentu menjadi tantangan berat bagi guru sejarah, mau tidak mau harus menerima kondisi mau tidak mau harus bergerak melakukan inovasi. Disinilah pendidik harus mampu menjadi seorang yang inovatif guna menemukan straregi atau metode yang efektif untuk mengisi pembelajaran tentunya agar pembelajaran diera pandemi ini tidak terputus.

Dari latar belakang itulah sehingga saya sebagai guru sejarah berupaya untuk mengatasi masalah pembelajaran tersebut agar peserta didik dapat lebih bersemangat dan lebih kreatif dalam belajar sejarah maka salah satu strategi yang saya gunakan untuk membangun semangat belajar peserta didik dengan menyesuaikan kondisi saat ini adalah dengan metode belajar sambil melakukan dengan menggunakan Mind Mapping OnLine yang nantinya akan peserta didik kemas menjadi sebuah Vidio Pembelajaran.

Mind Mapping Online merupakan media belajar yang dirancang untuk menarik peserta didik agar lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran sejarah. melalui Mind Mapping Online dapat melatih peserta didik untuk meransang rasa ingin tahu terhadap materi yang telah dibagikan oleh guru tentunya dalam tahapan ini peserta didik diberi stimulus untuk membangun semangat Literasi dengan membaca sub materi masing masing selain itu Mind Mapping Online ini juga meningkatkan kreatifitas dalam mengolah bahan materi yang nantinya akan dikemas dalam sebuah Mind Mapping yang didesain oleh masing masing peserta didik dan mendorong peserta didik memiliki tanggung jawab serta mengasah kemampuan literasi tulis maupun literasi baca kemudian merangkai kesimpulan yang telah dirangkum dengan kreatifitas masing-masing. Media seperti ini juga melatih kemandirian peserta didik dalam mencari poin-poin penting pada setiap materi sudah barang tentu pembelajaran seperti ini akan lebih disenangi oleh peserta didik karena membawa pembelajaran dengan memanfaatkan tehnologi.

Setelah peserta didik menemukan poin-poin penting dalam materi yang diterima baik melalui bacaan buku maupun melalui pencarian di geogle selanjutnya peserta didik akan mendesain dalam Word, Power poin, atau menggulakan desain Flayer sesuai kreatifitas peserta didik masing-masing. Ada yang memasang emotion lucu ada yang memasang gambar terkait materi ada pula yang mengisi desain dengan foto sendiri dan ada pula yang sengaja mengisi dengan suara serta mampu menjelaskan materinya. Berbagai macam ragam kreatifitas peserta didik yang dapat kita lihat, ini menjadi bukti bahwa pembelajaran dengan pendekatan Mind Mapping Online dapat membangun semangat belajar peserta didik.

#Tantangan Gurusiana H-6

#Salam Literasi

#Salam Inovasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post