Herlina

Menulislah hingga dunia di sekitarmu berubah karena torehan penamu. Taburlah benih yang baik, sekalipun tanah disekitarmu tandus. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengudara dengan Podcast

Mengudara dengan Podcast

#Tantangan H-3#

Kali ini belajar untuk mengajar melalui Media Podcast dalam pembelajaran sejarah. Podcast merupakan hal baru bagi saya pribadi walaupun dalam sejarahnya fitur podcas mulai dirilis sejak 2005 oleh Apple dan berkembang serta mencuat kepermukaan bahkan menjadi trand sejak 2018, ya bisa dibilang sudah dua tahun ini fitur podcas berkembang pesat didunia remaja kekinian. Sebenarnya bagi saya pribadi podcast ini hampir sama dengan radio khususnya siaran FM yang juga pernah trend di sekitar tahun 1998 atau tahun 2000 cuma bedanya disini podcast bisa diakses kapanpun dan kita sendiri bisa mengatur tayangan audio yang ingin kita dengarkan sehingga lebih fleksibel dan lebih serunya lagi kita bisa buat audio sendiri bisa pula melakukan diskusi dengan orang lain dengan maksimal 5 orang dalam hal ini kita bisa membuka ruang diskusi dan mengundang mereka untuk bergabung dalam link yang kita buat, bahkan bisa sampai lintas pulau lho. Dengan adanya fitur ini tentu memudahkan kita membuat sebuah narasi , baik itu puisi, lagu, cerpen dll.

Pertama kali mengetahui tentang podcas melalui Diklat Organisasi Profesi saya yakni Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI), dimana dalam diklat yang ke 7 ini pak Ahmad Muttaqin sebagai pemateri memperkenalkan tentang Fitur Podcast. Dalam diklat beliau menyampaikan bahwa fitur podcas dapat digunakan untuk Media Pembelajaran seperti pandemi saat ini. Karena podcast adalah fitur yang mengarah pada audio sehingga dalam pembelajaran kita dapat menggunakan dengan pendekatan bercerita atau melakukan diskusi dengan beberapa siswa dan boleh juga melakukan diskusi antara siswa dengan siswa sendiri kemudian semua hasil rekaman kita share ke siswa yang lain.

Untuk pertama kali saya mencoba membuat narasi tentang melek sejarah dimana hasil rekaman nantinya bisa didengar oleh siapapun dan dengan mudah bisa kita kirimkan link ke peserta didik untuk pembelajaran. Selain itu dalam Diklat juga memberikan kesempatan untuk kami belajar bermain podcast dengan teman di wilayah berbeda beberapa narasi akhirnya bisa mengisi koleksi podcast saya, seperti narasi dari kak Dian asal Banten yang mengajak bercerita tentang tutur sejarah lokal kemudian diskusi malam dengan beberapa teman guru dari Sulawesi Tenggara Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat yang juga mengangkat tema tentang perjuangan daerah dalam mempertahankan kemerdekaan. Ada keseruan tersendiri dalam bermain podcast seperti ini karna dalam pengambilan rekaman bisa dilakukan dimanapun selama jaringan internet ada, dan fitur podcas ini sangat asyik digunakan untuk membuat cerita atau tutur sejarah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah ulasan yang keren, inspiratif. Salam literasi dari sini, Bu Herlina.

02 Nov
Balas

Terimakasih ibu ini baru belajar salam kembali ibu

02 Nov

Keren, Bunda. Iya sekarang lagi booming podcas. Sukses selalu bunda

02 Nov
Balas

Terimakasih Bunda salam sukses Juga

02 Nov



search

New Post