Herlina Suryati

''Tidak ada kata terlambat'', itulah mottonya.Herlina Suryati adalah anak kedua dari tujuh bersaudara, lahir di Pangian 22 Februari 1967. Memiliki hobi me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Apakah Anda Guru Kelas 1? Berarti Anda Hebat!

Apakah Anda Guru Kelas 1? Berarti Anda Hebat!

#TantanganGurusiana Ke-347

 

Tidak banyak yang tahu, betapa beratnya perjuangan seorang guru kelas 1 SD dalam membelajarkan murid-muridnya. Hanya guru yang sudah pernah mengajar di kelas inilah yang memahaminya. Banyak yang berpendapat bahwa, menjadi guru kelas 1 itu lebih mudah. Karena mereka mengira cara mengajar murid yang masih kecil, tidak sesulit murid yang sudah duduk di tingkat berikutnya. Ternyata pendapat itu keliru.

Ketika anak memasuki usia kelas 1 SD, mereka mempunyai karakter yang berbeda. Mental yang dimiliki tidaklah sama. Syukur-syukur orang tua menyiapkan mental anaknya untuk masuk ke SD. Bagaimana jika orang tua tidak menyiapkan anaknya? Orang tua yang sibuk dan kurang memahami perannya, tentu akan menyerahkan sepenuhnya pendidikan itu kepada guru.

Bagi guru kelas 1, hal ini merupakan tantangan. Di hari pertama sekolah ketika menyambut wajah-wajah baru, guru kelas 1 sudah punya teknik. Guru akan menciptakan suasana nyaman agar anak betah berada di lingkungan sekolah. Sudah tentu guru tersebut menyiapkan diri supaya pertemuan pertama berkesan bagi anak muridnya. Situasi itu dijadikan pengalaman. Agar sekolah itu menyenangkan dan termotivasi untuk datang kembali sampai kepada hari-hari berikutnya.

Menghadapai anak pada masanya yang memiliki beragam tingkah polah, bagi guru kelas 1 merupakan awal perjuangannya dalam memahami perkembangan jiwa si anak. Dari beragam tingkah laku anak, guru berusaha mengenal dan mengatasinya. Semua itu dihadapi dengan penuh kesabaran dan keiklasan.

Guru kelas 1 sebagai sosok yang memiliki peran dalam mengasosiasi para murid, agar murid mampu beradaptasi dan bersosialisasi antara sesama murid dan lingkungannya. Guru kelas 1 mempunyai peran lebih dalam menanamkan konsep dasar terhadap anak muridnya.

Adakah yang mau mengajar di kelas 1? Kalau ada, berarti anda hebat.

Lintau Buo, 30 Maret 2021

Herlina Suryati

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post