Herlina Suryati

''Tidak ada kata terlambat'', itulah mottonya.Herlina Suryati adalah anak kedua dari tujuh bersaudara, lahir di Pangian 22 Februari 1967. Memiliki hobi me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Burung Kuntul Sahabat Petani
Dokpri

Burung Kuntul Sahabat Petani

#TantanganGurusiana Ke-349

Di sepanjang jalan menuju kota Batusangkar, kita akan melihat hamparan sawah luas membentang. Sekarang musim petani turun ke sawah untuk membajak. Tidak berapa lama lagi benih akan ditanam.

Ada yang lebih menarik, ketika mata kita memandang rombongan burung kuntul berada di tengah sawah. Ternyata antara petani dengan burung kuntul terjadi hubungan simbiosis mutualisme. Burung kuntul menjadi sahabat petani. Ketika petani membajak, burung kuntul akan datang ke sawah untuk memakan hama dan serangga yang nantinya akan mengganggu tanaman petani.

Bagi masyarakat Kabupaten Tanah Datar, khususnya yang berada di daerah Batusangkar, keberadaan burung kuntul, sudah merupakan pemandangan biasa. Karena burung kuntul termasuk burung yang dilindungi. Burung kuntul bersemayam di sebatang pohon beringin yang sudah tua, di kawasan Cagar Alam Beringin Sakti Batusangkar Kabupaten Tanah Datar.

Biasanya burung kuntul ini disebut juga bangau. Tidak ada yang berani mengusiknya. Kebebasannya membuat mata kita tidak berkedip. Warna bulunya yang putih bersih menjadi magnit untuk kita berlama-lama memandangnya.

Lintau Buo, 1 April 2021

Herlina Suryati

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya Bunda. Sudah sayafollow Bunda,mohon follback ya.

02 Apr
Balas

Terima kasih bu Suwarni hadirnya.

02 Apr

Untaian kata-kata nya yang membuat pembaca terinspirasi bun..

02 Apr
Balas

Terima kasih uniku.. Lanjutkan menulisnya ni

02 Apr



search

New Post