Herman Daulay

Seorang guru yag mengajar di SMAN 1 Banda Baro Aceh Utara. Mencoba menuliskan apa yang dipikirkan, apa yang dilihat dan apa yang dirasakan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Copy, Paste dan Plagiat

Duduk didepan laptop mengerjakan tugas tangan sibuk memindahkan mouse klik kiri tahan dan menempelkan tulisan ke file lain. Mengandakan tulisan lajim disebut copy dan pindah disebut paste. Adakah yang salah melakukan copy paste ?

Copy Paste Penulis Artikel

Memindahkan sebahagian atau keseluruhan teks hasil tulisan orang lain disebut plagiat. Menulis artikel seharusnya menulis kata dengan pikiran sendiri. Merangkai kata demi kata menjadi kalimat. seterusnya kumpulan kalimat membentuk paragraf. Sehingga hasilnya menjadi artikel.

Boleh ambil beberapa petikan kalimat orang lain dengan mencantumkan nama si penulis artikel. Ada banyak cara yang telah diatur untuk mengutip karya orang lain.

Namun yang kita jumpai banyak tulisan dibuat dengan cara copy paste lalu diakui sebagai karya sendiri. Dengan mudahnya copy paste maka banyak orang tergoda untuk mengandakan tulisan orang lain. Sejauh ini kalau saya baca sekilas artikel di Gurusiana terbebas dari copy paste. Tapi ada cara lain melihat artikel itu copy paste atau tidak yaitu dengan pemeriksaan sofware.

PTK Copy Paste

Penelitian tindakan kelas guru terindikasi banyak yang plagiat atau copy paste. Marak kita jumpai pembuatan penelitian tindakan kelas dengan hanya menganti nama, lokasi serta siswa sedang yang lain sama.

Sebagai pendidik cukup disayangkan juga kita melakukan plagiat PTK untuk syarat naik pangkat. Banyak alasan yang diberikan pendidik sehingga harus mengcopy paste PTK orang lain antara lain , tidak punya waktu, kepepet dikejar batas waktu, tidak bisa buat atau alasan malas.

Semoga dengan adanya gurusiana bisa mengurangi melakukan copy paste karena setiap hari kita terus dilatih menulis. Kemudian timbul keingginan untuk membuat penelitian tindakan kelas hasil karya kita sendiri. semoga

salam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

penyakitnya karena M pa, males, semoga Alloh menjauhkan kita dari rasa malas pa

21 Dec
Balas

Semoga kita tidak malas nulis pak

21 Dec



search

New Post