Herman Daulay

Seorang guru yag mengajar di SMAN 1 Banda Baro Aceh Utara. Mencoba menuliskan apa yang dipikirkan, apa yang dilihat dan apa yang dirasakan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tahu Banyak dalam Sedikit hal VS Tahu sedikit dalam Banyak Hal

Mana yang lebih baik, Tahu banyak dalam sedikit hal atau tahu sedikit dalam banyak hal.

Tahu Sedikit Dalam Banyak Hal

Orang yang banyak tahu sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari - hari

Kalau ditanya masalah apa pun tahu namun hanya kulit luarnya saja. Kalau disuruh menyelaskan secara mendetail tidak bisa. Hanya tahu kulit luarnya saja.

Kurikukum kita juga menganut hal diatas. Siswa kelas satu SMA misalnya harus mempelajari 17 bidang studi belun ditambah dengan konseling dan pramuka. Tidak heran siswa kita super hebat kalau yang hebat dan pintar namun hanya sedikit siswa yang sepeeti itu. Kebanyakan normal banyak tidak tahu bahkan tidak tahu sama sekali ke 17 bidang studi yang dipelajarinya disekolah.

Saya adalah produk dari kurikulum yang serba banyak tahu tersebut sehingga saya tahu banyak hal namun cuma kulit luarnya saja

Tahu Banyak Dalam Sedikit Hal

Para spesialis merupakan orang yang tahu banyak dalan sedkit hal. Mereka mempelajari banyak dalam sedikit bidang studi semisal dokter gigi yang hanya mempelajari masalah gigi.

Keahlian mereka dalam bidang yang dipelajari tidak usah diragukan lagi mereka akan bisa menjelaskan sedetil detilnya satu masalah. Sehingga mereka menjadi pakar dalam satu masalah.

Baik Buruk dua hal diatas

Mengetahui banyak hal dalam sedikit hal menjadikan seseorang ahli, namun kalau kita tanya hal lain kebanyakan mereka akan angkat tangan. jawaban mereka selalu saya tidak paham masalah itu.

Mengetahui sedikit dalam banyak hal kadang kadang dangkal menjelaskan sesuatu. Kalau ditanya bisa jawabanya bisa namun ketika disuruh menjelaskan dangkal dan tidak menjawab masalah.

Kedua hal diatas ada baik dan buruk. Dalam abad abad mendatang ini penguasaan orang terhadap satu keahlian menjadi tuntutan hidup. Keahlian pada satu hal memberikan manfaat ekonomi. Sehingga individu akan mencari apa minat dan kemampuan yang dimilkinya. Sehingga pantas menjadi ahli pada satu bidang tertentu.

Salam

Herman Daulay

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap. Tapi kalo jadi guru SD, harus bisa menguasai semuanya, karena memang sehari-harinya kerjanya mengampu semua mapel, kecuali Agama dan Olahraga.

10 Dec
Balas

Gak juga. Saya masih dalam taraf belajar. Karena itu menclok sana-sini, termasuk di gurusiana ini.

10 Dec
Balas

Berarti Pak Ajun Pujang Anom termasuk yang Tahu banyak dalam banyak hal kan Bapak guru .. salam terimakasih sudah mampir pak

10 Dec
Balas



search

New Post