Hermin Agustini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Giat Literasi SMPN Bangga (Bangsalsari Tiga)

Giat Literasi SMPN Bangga (Bangsalsari Tiga)

Oleh: Hermin Agustini

Setelah menata kelas dengan pojok baca dan melengkapinya dengan buku bacaan hasil kiriman dari sahabat penulis Media Guru Indonesia dan para sahabat-sahabat serta masyarakat, maka untuk memotivasi siswa supaya lebih gemar membaca dan menulis maka kegiatan tersebut wajib dikawal setiap hari oleh masing-masing guru mata pelajaran untuk memanfaatkan buku-buku yang ada di pojok baca masing-masing kelas. Bila buku belum tersedia, maka para siswa dipersilahkan mencarinya di perpustakaan. Kegiatan ini membutuhkan kesungguhan para guru untuk memperhatikan ketersediaan buku yang ada di masing-masing kelas maupun di perpustakaan.

Sebagai kegiatan rutin giat literasi di SMPN Bangsalsari 3 dilaksanakan setiap sabtu pagi. Untuk kegiatan rutin ini para siswa akan mendapatkan satu tema bahan bacaan. Untuk memudahkan siswa memunculkan ide menulis, maka para siswa dibantu dengan menggunakan gambar berseri. Siswa dipersilahkan menuliskan ide mereka berdasarkan gambar berseri yang mereka peroleh. Hasil tulisan siswa dikumpulkan kepada wali kelas masing-masing yang kemudian diseleksi. 50% hasil tulisan terbaik dari seluruh jumlah siswa di kelas akan dikumpulkan kepada tim literasi sekolah.

Selanjutnya, tim literasi akan menyeleksi hasil karya terbaik serta memampangnya di Mading sekolah. Sedangkan tulisan yang belum bisa menang tetap ditempel di mading masing-masing kelas. Hal ini dimaksudkan agar semua siswa tetap bersemangat untuk menulis.

Selain kebiasaan harian dan mingguan di sekolah, kami telah mengikutsertakan siswa ke dalam lomba menulis bulanan yang diadakan oleh Media Guru Indonesia. Dan sejak bulan Januari telah ada 9 siswa yang hasil karyanya kami ikutkan lomba, meski hanya 6 siswa yang keluar sebagai pemenang dan hasil tulisan mereka dimuat dalam satu buku antologi berjudul ‘Wujudkan Impianmu’. Berikutnya, pada bulan ini kami membimbing siswa untuk ikutserta dalam lomba menulis yang diadakan oleh Media Guru Indonesia.

Salam Literasi.

Bangsalsari, 5 Februari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post