Hermiza Akmal, S.Ag

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Musafir di Bulan Ramadhan

Musafir di Bulan Ramadhan

Musafir di Bulan Ramadhan

(Bag. 1)

By. Hermiza Akmal

MAN 3 Kota Padang Panjang

Agama Islam adalah agama yang tidak membebani umatnya. Maka dalam melaksanakan suatu ibadah, bila seseorang tidak mampu melakukannya, maka ada alternatif-alternatif lain sebagai penggantinya. Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah / 2 ayat 185 artinya, “...Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu...”

Dalam hal ini termasuk menunaikan ibadah puasa bagi musafir dengan ukuran musafir sesuai dengan yang telah ditentukan oleh agama, maka musafir yang bersangkutan boleh tidak berpuasa. Namun kebolehan ini tidaklah wajib tidak berpuasa, artinya bagi orang yang mampu tetap berpuasa, itu adalah lebih baik. Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah / 2 ayat 184 artinya, “...dan puasamu itu, lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Yang akan menjadi pokok bahasan dalam tulisan ini, apakah orang yang berada dalam keadaan musafir, boleh melakukan hubungan suami istri di siang bulan ramadhan ? Dasar pikiran untuk mengemukakan bahasan ini, orang yang berhubungan di siang ramadhan, berbeda dengan orang yang makan di siang ramadhan.

Orang yang makan di siang ramadhan, cukup hanya dengan bertaubat dan mengganti puasanya di hari yang lain. Sementara yang berhubungan di siang ramadhan, tidaklah hanya cukup dengan bertaubat saja tapi dia wajib membayar kafarat, memilih salah satu di antara 3 pilihan, yaitu memerdekakan seorang budak atau puasa dua bulan berturut-turut atau memberi makan 60 orang miskin.

Kafarat-kafarat ini cukup berat, bisa saja seseorang tidak mampu untuk melakukannya. Oleh karena itu tidaklah salah, apakah seorang yang dalam keadaan musafir lalu berhubungan badan, apakah masih dikenakan kafarat ini ?

Padang Panjang, Jum’at, 15 Mei 2020 Tantangan Gurusiana (hari ke-46)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdululillah, selalu sharing ilmu manfaat... Terima kasih bu.. Sukses selalu

15 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih doa & supportnya Pak Ari.

15 May

Semakin hebat buk Iza

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Buk Uci.

15 May

wow, ..berat juga jadi musafir ya bu..apalagi, maaf, berhubungan badan...dendanya tuh..makasih pencerahannya..salam

15 May
Balas

Iya Pak. Sama-sama, terima kasih supportnya Pak. Salam Pak.

16 May

Maa Syaa AllohJazakillahu khairan katsiran vitamin hati yang TOPnya, Bundaq, saya dapat ilmu yang sangat mahal dari BundaSemangat terus untuk menginspirasi BundaqBarokallohu

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih do'a & supportnya Bu Yis.

15 May

Siip bu

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Bu Zurliati

15 May

the next...

15 May
Balas

Ya lanjut bagian kedua besok, insya Allah Buk Husna. Terima kasih supportnya Buk Husna.

15 May

Mantap buk

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Buk Era

15 May

Alhamdulillahi Robbil'Alamin. Barokallahu Fik Ibuk. Syukron Jazaakillah Khairoljazaa' ats pencerahannya

15 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin, terima kasih doa & supportnya Buk Susi

15 May

Super sekali ibuu

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Buk Yen.

15 May

Super sekali ibuu

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Buk Yen.

29 Jun

Super sekali ibuu

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Buk Yen.

29 Jun

Super sekali ibuu

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Buk Yen.

29 Jun

Super sekali ibuu

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Buk Yen.

29 Jun

Super sekali ibuu

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Buk Yen.

29 Jun

Super sekali ibuu

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Buk Yen.

29 Jun

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Buk Yen.

29 Jun

Super sekali ibuu

15 May
Balas

Semakin oc aja tulisan Buk Hermiza

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih supportnya Buk Kas.

15 May

Alhamdulillah..Ilmu yg sangat bermanfaat.Bagus tulisan bunda ini. Tksh bunda..semoga sukses sellu.Slm sehat

15 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih do'a & supportnya Bu Farida.

15 May



search

New Post