Hermiza Akmal, S.Ag

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sembilan Ibadah Sebelum Sholat Hari Raya

Sembilan Ibadah Sebelum Sholat Hari Raya

Sembilan Ibadah Sebelum Sholat Hari Raya

(Bag.2)

By. Hermiza Akmal

MAN 3 Kota Padang Panjang

Keempat, memakai pakaian yang bagus. Memakai pakaian yang bagus atau yang paling disukai adalah sunnah. Maka pakaian bagus yang sudah kita sediakan sebelum hari raya, maka pakailah pakaian itu setelah mandi pada pagi hari raya.

Kelima, berharum-haruman. Memakai harum-haruman pada hari raya adalah sunnah karena kita akan beramai-ramai bertemu saudara-saudara kita sesama muslim maka berharum-haruman akan membuat suasana menjadi senang dan penuh persahabatan. Nabi selalu berharum-haruman pada pagi hari raya.

Keenam, makan sekedarnya. Menyantap makanan sebelum berangkat menunaikan ibadah sholat hari raya ‘idul fitri adalah sunat dan itu adalah makan pertama setelah kita berada di bulan syawal. Seseorang yang tidak makan sebelum berangkat sholat ‘idul fitri, maka dia tidak mendapatkan sunat makan hari raya.

Ketujuh, Bersedekah. Bersedekah di hari raya memiliki keistimewaan di sisi Allah Swt. Maka sebelum berangkat menunaikan sholat hari raya, maka siapkanlah uang untuk bersedekah.

Kedelapan, bersalam-salaman, diawali bersalaman dengan seluruh keluarga inti, baru setelah shalat ‘idul fitri bersalaman dengan sesama muslim lainnya.

Kesembilan, bersedekah makanan. Setelah selesai menunaikan sholat, umat Islam dianjurkan untuk bersedekah makanan. Bersedekah makanan yang dimaksud di sini, yaitu memberikan makanan, baik kepada orang miskin, maupun kepada orang kaya. Maka makanan yang kita sediakan di hari raya, makin banyak orang yang mencicipinya, maka makin besar pahala yang kita peroleh. Supaya suasana memakan makanan ini dapat dinikmati sepenuhnya, maka berpuasa di hari itupun diharamkan oleh Allah Swt.

Apabila 9 macam ini telah kita amalkan, barulah prediket kembali kepada fitrah dapat kita peroleh. Kita telah kembali kepada kesucian. Tinggal satu tugas kita adalah mempertahankan kesucian tersebut. Di dalam agama disiapkan langkah awal untuk menjaga kesucian itu, kita sempurnakan ibadah puasa kita dengan puasa enam di bulan syawwal.

Nabi Saw bersabda artinya,”Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan syawwal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh.” (HR. Muslim dari Abu Ayyub ra)

Padang Panjang, Jum’at, 22 Mei 2020 Tantangan Gurusiana (hari ke-53)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Waah...trmksh ibu. Tausiyahnya. Keren dan sarat informasi yg berguna. Alhmdlh dpt ilmu.smg berkah.Salam hormat

22 May
Balas

Sama-sama, terima kasih kembali atas do'a & supportnya bu Yayah. Salam hormat.

22 May

Menambah ilmu saya. Terima kasih Bu Hermiza. Salam kenal dan sehat selalu.

22 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih kembali atas do'a & supportnya bu Nurul.

22 May

Aamiin YRA..yg bersalam salaman.. memang saat ini tidak memungkinkan ya bu...tapi yg lainnya inshyaallah bisa terpenuhi..salam hormat

23 May
Balas

Iya pak, demi keselamatan bersama, terima kasih supportnya pak. salam hormat.

23 May

Makasih tausiyahnya buk...Semoga kita akan memperoleh kemenangan di hari yg fitri nantinya.Amin ya rabb

22 May
Balas

Ya, terima kasih kembali atas supportnya Buk Eli. Aamiin.

22 May

Subhanallah ,,, Terimakasih Bu atas tausiahnya mantap

22 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih supportnya bu Sri.

22 May

Mantap artikelnya. Terima kasih

22 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih kembali atas supportnya bu Tri.

22 May

Mantap

22 May
Balas

Oh ya delapan bu.. Yang satu tidak termasuk.. Itu judul kan sebelum sholatTapi nomer sembilan isinya sesudah sholat. Sekedar saran. Salam literasi

22 May

Alhamdulillah, terima kasih supportnya bu Faizah.

22 May

Bu Faizah, untuk nomor sembilan lebih ditekankan mempersiapkannnya tentu sebelum hari raya tiba. Terima kasih & salam literasi bu Faizah.

22 May

Alhamdulillah. Makasih buk tausiahnya sudah mengingatkan

22 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih kembali atas supportnya Buk Era.

22 May

Alhamdulillahi Robbil'Alamin. Barokallahu Fik Ibuk. Syukron , Jazaakillah Khairoljazaa' ats ilmu2nya yg bermanfaat. Smg dapat kt amalkan sunnah2 tsb. Aamiin Allahumma Aamiin

22 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin. Syukran atas do'a & supportnya buk Susi.

22 May

Alhamdulilah tamat juo amalannyo yo buu, mksii tausyiahnya buu, smga bermamfaat bg kta semua

22 May
Balas

Yo bu Yen, terima kasih kembali atas supportnya bu Yen.

22 May

Terimakasih tausiyahnya Bu..!, Sangat bermanfaat dalam kehidupan.

22 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih supportnya bu Us.

22 May

Mantap Bu

22 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih atas supportnya Buk Ermida.

22 May

Syukran ibukk telah berbagi ilmu yg sangat bermanfaat.... Jazakillah khairal jazaa' ya ibukk...

22 May
Balas

Aamiin, terima kasih kembali atas do'a & supportnya bu Yil

22 May



search

New Post