Hernawati Kusumaningrum

Hernawati adalah guru bahasa Inggris SMP Al Hikmah Surabaya. Ibu berputra 4 ini berhobi membaca, menulis, dan berkebun. Suka mengikuti lomba bagi guru. Sekarang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Duha Membawa Berkah
Meski sedang sakit siswa ini tetap istiqomah melaksanakan shalat duha.

Duha Membawa Berkah

Kalau Anda seorang muslim dan belum pernah menunaikan sholat duha, cobalah. Insya Allah, Anda akan ketagihan. Shalat duha adalah shalat sunnah yang dikerjakan minimal dua rakaat. Maksimal dua belas rakaat yang masing-masing dua rakaatnya diakhiri dengan salam. Sholat tersebut dilakukan di pagi hari sampai akan masuk sholat dzuhur.

Banyak referensi menyebutkan shalat duha akan melapangkan pintu rezeki. Sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad SAW yang artinya Sholat duha dapat mendatangkan suatu rezeki dan menolak kekafiran, dan tidak ada yang akan memelihara shalat duha melainkan orang-orang yang bertaubat. Beruntunglah kita yang bekerja di lingkungan yang kondusif sehingga mampu melakukan shalat ini. Ada jam-jam khusus untuk bermunajat. Mengingat Allah di kesibukan duniawi kita. Meski cuma sebentar. Kalau yang sebentar dilakukan secara istiqomah tentu akan berbekas.

Itu juga yang sedang diupayakan oleh sekolah ini pada siswa-siswanya. Sebelum memulai pembelajaran, seluruh siswa kelas Sembilan melakukan shalat duha di masjid. Bagi siswi yang berhalangan membaca Al Ma’tsurat di perpustakaan. Aktivitas tersebut sebagai pengganti kebaikan shalat yang ditinggalkan. Setelah shalat duha, membaca doa di bawah ini:

Setelah selesai, biasanya ada ustad yang memberi kultum bertema ringan. Masalah-masalah sederhana seperti ketertiban dalam masjid, kebersihan pakaian, akhlaq bersosialisasi, dan sebagainya. Para ustad mengingatkan faedah shalat duha agar mereka istiqomah melakukannya. Membuka pintu rezeki mereka. Karena mereka masih berstatus pelajar, ya rezeki bisa berbentuk kesehatan, kemudahan dalam menuntut ilmu, keberkahan dalam mengamalkan ilmunya. Bisa jadi karena duha mereka maka rezeki orang tua menjadi lancar dan barokah. Keluarga rukun sehingga mereka mudah dalam belajar. Biasanya kultum tersebut tidak lebih dari tujuh menitan karena siswa-siswa harus segera menuju ke kelas untuk mulai pembelajaran.

JIka Anda belum pernah melakukannya, coba diupayakan. Cari waktu yang tepat agar selalu dekat dengan sang pemberi waktu kehidupan. Bisa sebelum jam kerja atau di sela-sela jam kerja. Semoga barokah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhanallah. Smg istiqomah..

27 Mar
Balas

trima kasih sudah mampir

27 Mar
Balas

semoga ajeg .... doanya usth juga buat sekolah dan saya

27 Mar
Balas

aamiin... semoga kita bisa istiqomah

27 Mar

Aamiin...

27 Mar
Balas

barakallah

27 Mar
Balas



search

New Post