Herni kholilah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Garwo
Reflesi 17 Tahun

Garwo

Oleh Herni Kholilah

Bagi orang Jawa istilah garwo pasti terdengar biasa, karena sudah sering diucapkan. Begitu pula saya yang asli orang Jawa. Istilah itu lebih sering saya dengar saat mendengar penyerahan mempelai pengantin di acara resepsi di desaku.

Dulu saya tidak begitu memikirkan istilah itu. Saya mendengar dan mengingat saja apa yang saya dengar tapi tidak saya resapi. Tapi saat ini, setelah 17 tahun saya baru merasakan apa arti garwo yang dulu sering saya dengar, terutama dari lisan Abah.

Garwo adalah segarane nyowo dalam bahasa Jawa. Sedang dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya separuh jiwa. Istilah itu di sematkan pada sepasang suami istri. Yang konon katanya mereka saling memiliki dan merasakan apapun yang dirasakan pasangannya. Jadi mereka bagaikan satu jiwa, meski tanpa bercetita sering kali pasangan kita akan tahu apa yang kita rasakan, termasuk sedih ataupun bahagia. Meski tanpa terucap, sering kali pasangan kita tahu apa yang kita inginkan.

Akan tetapi sepertinya hal itu tidak serta Merta terjadi meski sudah menjadi sepasang suami istri yang notabene pasti sangat berbeda, lingkungan, cara berpikir atau yang lainnya. Hal itu akan terjadi jika kita memang dengan sengaja benar- benar menyerahkan hidup kita untuk beribadah yang tanpa batas waktu, yaitu pernikahan untuk mencapai ridhoNya.

Denga rasa yang terus kita pupuk agar tidak pupus, sehingga niat awal yang kita bangun akan tetap kokoh meski berbagai badai seringkali menghantam. Garwo insyaallah akan semakin kuat dan bertahan. Sehingga terkadang kita akan lebih pekah dengan pasangan kita. Tidak harus mencari tahu, tapi rasa itu akan muncul dengan sendirinya.

Garwo....meski begitu, ada istilah yang mengatakan terkadang pasangan kita justru orang yang paling tidak tahu tentang kita. Itupun juga tidak salah. Karena berbagai alasan, ada juga pasangan yang justru menyembunyikan sesuatu dari pasangannya.

Semoga saja, niat awal pernikahan untuk mencapai ridhoNya akan tetap terjaga dan semakin kuat. Aamiin

Kemiri, 11-8-2021

17 Tahun bersama ❤️

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post