Herni Yuni

SD INPRES 1 SERUI KAB.YAPEN WAROPEN - PAPUA, SMP N 1 BIAK KOTA KAB.BIAK NUMFOR - PAPUA, SMA N 1 BIAK KAB.BIAK NUMFOR - PAPUA, S1 Ilmu Komputer Prodi. SI UDIN...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cek Plagiat Yuk
Sumber Gambar : https://www.google.co.id/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fi2.wp.com%2Fpenadiri.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F11%2F1425773384.jpg%3Fresize%3D480%252C309%26ssl%3D1&imgrefurl=https%3A%2F%2Fpenadiri.com%2F2017%2F11%2F19%2Fcara-lapokan-plagiat-artikel%2F&tbnid=JwxrHI8YFijUIM&vet=12ahUKEwjggraY6bLqAhUKkksFHQBVBFgQMygDegUIARCHAQ..i&docid=FqSzqwIz1qBwnM&w=480&h=309&q=plagiat&safe=strict&ved=2ahUKEwjggraY6bLqAhUKkksFHQBVBFgQMygDegUIARCHAQ

Cek Plagiat Yuk

TantanganGurusiana Hari Ke-4

Cek Plagiat Yuk

Sebagai seorang guru, tentu kita tidak bisa menghindar dari memberi tugas kepada siswa, entah itu mengerjakan soal atau membuat artikel. Kita mungkin sudah bisa menerka bahwa mereka akan langsung browsing di internet, dan menyalin kembali di buku mereka. Jika tugas yang kita berikan adalah membuat artikel, kita juga sudah bisa menerka, 100 % siswa akan browsing di internet, 90 % - 95 % copy-paste dan 5 % - 10 % memodifikasi. Eits..., tapi terkaan tersebut tidak pernah saya lontarkan ke siswa, hanya saya simpan sendiri di dalam hati karena bisa dianggap menjudge dan membuat siswa jadi tak bersemangat. Mengapa bisa membuat siswa tak bersemangat ? Karena bisa muncul dipikiran mereka, belum apa-apa sudah berfikir yang tidak-tidak, belum apa-apa sudah meremehkan kita, hehe...

Saya pernah sampaikan ke siswa, jika itu adalah penugasan membuat artikel, boleh kopi paste tapi jangan lupa dimodifikasi dan dicantumkan sumbernya untuk menghindari plagiarisme. Kita harus menghargai karya orang lain dan salah satu aturan tentang plagiat sudah tertuang di UU Hak Cipta yakni UU No.19 tahun 2002.

Saya ingat betul saya pernah mengajar tentang Hak Kekayaan Intelektual di Mapel TIK kelas X SMA, tapi untuk saat ini saya tidak tahu apakah masih ada Kompetensi Dasar tersebut atau sudah dihilangkan karena kebetulan sejak 2011 saya pindah jalur dari SMA ke SMK tapi masih mengajar di bidang yang sama yaitu IT.

Di tulisan saya ini, saya tidak akan membahas tentang Kompetensi dasar tersebut ( Hak Kekayaan Intelektual) , namun jika sekiranya membutuhkan informasi tentang itu yuk pencet keyboard dan ketik kata kuncinya di Om Google. Heee... Heee..

Yang akan saya bahas di sini adalah bagaimana kita melakukan pengecekan terhadap karya seseorang apakah termasuk plagiat atau tidak.

Kita bisa melakukan pengecekan apakah karya yang dihasilkan seseorang termasuk plagiat atau bukan salah satunya dengan menggunakan aplikasi Plagiarism Checker.

Cara menggunakan aplikasi Plagiarism Checker yaitu : silahkan kunjungi situsnya di https://smallseotools.com, lalu pilih plagiarism Checker setelah itu kita Copy-Paste tulisan yang akan kita cek. Aplikasi ini kemudian akan memuat informasi seberapa banyak kemiripan tulisan yang kita cek dengan yang sudah beredar di dunia maya. Jika hasil unik tulisan yang kita cek lebih dari atau sama dengan 80 % maka dapat dikatakan tulisan tersebut lolos dari plagiat, jika 100 % berarti otomatis benar-benar orisinil ya, hehehe...

Selain aplikasi Plagiarism Checker, masih banyak lagi aplikasi lain untuk mengecek tentang tulisan plagiat, diantaranya :

1. Copyscape

2. Writecheck

3. Unicheck

4. Duplichecker

5. Plagscan

Cara menggunakannya juga hapir sama, ketik salah satu aplikasi tersebut di Google Search, maka Om google akan mengarahkan ke alamat aplikasi yang ingin kita gunakan.

Nah di bawah ini adalah contoh tulisan saya yang sebelum saya unggah, saya cek dulu apakah tulisan saya termasuk plagiat atau bukan, dan alhamdulillah hasilnya 100 % unik.

Jangan lupa, sebelum tulisan kita diunggah, yuk dicek dulu apakah tulisan kita termasuk plagiat atau tidak, hehe...heee...

Semoga bermanfaat, salam sukses.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih, Bu Herni Yuni sangat bermanfaat. Sukses selalu. Salam kenal.Salam literasi. Sudah sy follow, Bu

04 Jul
Balas

Terima kasih kembali bapak, salam kenal, salam literasi, sukses selalu ya pak

04 Jul

Waw keren bun... sangat bermanfaat

04 Jul
Balas

Terimakasih bunda..., sudah saya follow ya Barakallah

04 Jul

Terima kasih bu tips nya.

04 Jul
Balas

Sama-sama bapak, sukses selalu ya

04 Jul



search

New Post