Heronimus Neto

Lulusan FKIP Undana Program Studi Pendidikan Fisika. Guru SMPN 3 Boawae Satap - Kab. Nagekeo - Prop. NTT...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menuju USBN dan UN
Guru-guru sedang mendengar sambutan Ketua MKKS

Menuju USBN dan UN

Sebentar lagi peserta didik pada jenjang SMP akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN). Berbagai upaya telah dan terus dilakukan oleh sekolah agar peserta didik dapat meraih hasil yang memuaskan dalam USBN dan UN tersebut. Demikian halnya juga dengan sekolah-sekolah di wilayah kecamatan Boawae.

Sebagai upaya meningkatkan mutu lulusan tahun pelajaran 2018/2019, 13 Kepala Sekolah dan 99 guru mata pelajaran bertemu di SMPSK Kotagoa hari ini. Semua datang dari berbagai arah. Ada yang menuruni lereng gunung, ada juga yang membelah lembah. Ada yang menggunakan roda 2, ada juga yang menggunakan roda empat. Semua datang dengan tujuan yang sama.

Kegiatan hari ini adalah mengevaluasi hasil try out bersama sekaligus memantapkan langkah untuk menghadapi USBN yang akan diselenggarakan pada tanggal 08 sampai dengan 13 April 2019 dan UN yang akan dilaksanakan pada tanggal 23, 24, 25, dan 27 April 2019.

Kegiatan evaluasi try out bersama merupakan agenda tahunan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Tingkat SMP Kecamatan Boawae. Sebelumnya telah dilakukan try out bersama untuk 7 mata pelajaran, yakni mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, PPKn, dan Pendidikan Agama. Try out 1 dilaksanakan pada tanggal 21 sampai dengan 24 Januari 2019 dan try out 2 dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan 21 Februari 2019.

Ketua MKKS Tingkat SMP Kecamatan Boawae, Mateus Tule, S.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa evaluasi try out bersama adalah bagian dari usaha meningkatkan mutu pendidikan di kecamatan Boawae khususnya dan Kabupaten Nagekeo umumnya. Urusan meningkatkan mutu pendidikan tidak hanya menjadi urusan masing-masing sekolah tetapi menjadi urusan bersama. Dalam kebersamaan kita perlu memperkuat komitmen untuk menghasilkan kualitas yang terukur melalui USBN dan UN berstandar.

Setelah sesi pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan hasil try out 1 dan 2 oleh Tim Analisis Try Out Bersama yang dikoordinir oleh Ketua Bidang Penalaran dan Akademik, Thomas Wora, S.Pd. Selepas pemaparan hasil try out, guru-guru berdiskusi dalam kelompok mata pelajaran masing-masing untuk menentukan target pencapaian nilai USBN dan UN tahun pelajaran 2018/2019 sekaligus merumuskan rencana tindak lanjut untuk mencapai target yang telah ditentukan. Hasil diskusi kelompok mata pelajaran kemudian dipresentasikan oleh masing-masing perwakilan guru dari tiap mata pelajaran.

Semoga target hari ini menjadi mimpi yang akan terjawab pada saat USBN dan UN nanti. Butuh kerja keras dan kerja cerdas untuk mewujudkannya karena cinta memang membutuhkan pengorbanan.

Kegiatan evaluasi try out bersama diakhiri dengan sosialisasi hasil studi banding para kepala sekolah jenjang SMP sekecamatan Boawae di SMPK Angelus Custos Surabaya dan SMPK Santa Maria II Malang pada bulan Februari yang lalu.

Lereng Ebulobo, 23 Maret 2019

*Heron Neto

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Muantapppppp.. Buktikan Target keLuLusan UNBK TingKt Kec Boawae. Kompak & Tetap Semngat

23 Mar
Balas

Bersama kita bisa. Selamat bergabung di gurusiana. Salam literasi...

24 Mar



search

New Post