HERWIN ISMUNDA S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KAMBING DAN AYAM JAGO

Ketika saya dan saudara saudara saya di waktu kecil, sering sekali di ceritain oleh ibu kami. Setelah belajar dsn menjelang malam ibu kami selalu bercerita kepada anak anaknya tentang kehidupan.

Pada suatu waktu ibu bercerita tentang 2 hewan yang tidak asing yaitu ayam jago dan kambing. Dan saya ingat waktu itu saya bertanya kepada ibu. Ibu mengapa kalau pada saat mendung dan ayam jago berkokok kambing selalu menyahuti dengan suara embel embek . Ya maklum saya anak desa selalu memperhatikan sekitar karena itulah hiburan anak desa. Lalu ibu mulai bercerita

Oh itu

Begini ceritanya kata ibu saya

Mengapa kambing selalu memgembek ketika ada ayam jago berkokok.

Dulu ketika semua hewan masih bisa berbicara, sering kali bertukar anggota tubuh. Ayam jago dulu mempunyai sungu atau tanduk dan kambing mempunyai jalu yg ada di kakinya. Nah menurut kambing itu tidak pas . Dan kambing iri melihat ayam jago yang tampil gagah mempunyai sungu atau tanduk.

Pada suatu hari kambing mengajak ayam jago jalan jalan dan membujuk ayam jago dengan kata kata yang sangat indah. Rayuan mulai di ungkapkan kambing.

Percakapan kambing dan jago

Kambing : hai jago ketika saya lihat dan saya pandang kamu sepertinya tidak pantas mempunyai sungu atau tanduk.

Ayam jago : terus saya pantas mempunyai apa loh.

Kambing : kamu lebih pantas mempunyai jalu yang ada di kakiku dan sungu itu lebih pantas ada di kepala ku.

Ayam jago : oh gitu ya

Kemudian mereka saling menukarkan sungu di pakai kambing dan Jalu dipakai oleh ayam jago. Tuh kan jago kamu lebih pantas memakai Jalu daripada sungu .

Akhirnya kambing bilang kepada jago , hai jago wes ngene ae sungumu tak selang disek emben tak balekno terus jaluku gaween disek

Setelah pertukaran sungu dan Jalu , mereka sudah tdk bisa bertukar lagi karena sudah tidak bisa bicara lagi. akhirnya hanya dengan suara mereka menagih janjinya kambing.

Sehingga sampai saat ini jika ada ayam jago berkokok kukuruyuk ( artinya mana sungu ku? Jawab kambing embek artinya emben

Begitulah ceritanya kata ibu

Pelajaran yg bisa kita jadikan pelajaran adalah kita harus bersyukur dengan apa yang kita miliki yang sudah diberikan oleh Alloh dan jangan ada penyesalan di kemudian hari

Ibu ku hebat

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Asyik ceritanya. Sukses selalu ya bu

24 Jun
Balas

Mantap, ceritanya.

03 Jul
Balas

Cernaknya mantap keren bu, sehat dan sukses selalu

24 Jun
Balas

Aamiin

24 Jun

Keren ceritanya Bunda. Sukses selalu

24 Jun
Balas

Aamiin

24 Jun



search

New Post