Hesti Dwi Agusdiyanti

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. "(Al-hadits) Guru adalah profesi untuk menjadi manusia bermanfaat. Terus berbenah untu...

Selengkapnya
Navigasi Web
RASI BINTANG FORMULAKU (2)
Pembelajaran dengan rasi bintang

RASI BINTANG FORMULAKU (2)

#TantanganGurusiana

#TantanganHariKe3

Bapak ibu guru, gimana kabarnya hari ini? Semoga senantiasa ikhlash dan semangat ya menjalani profesi kita ini. Ya, tentunya kita ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Menjadi pribadi yang bermanfaat dan mendedikasikan diri untuk kepentingan siswa siswi kita serta kepentingan pendidikan.

Bapak ibu guru, kali ini saya ingin melanjutkan berbagi tentang pengalaman membelajarkan matematika dengan formula rasi bintang. Semoga berkenan.

Diantara tujuan pembelajaran matematika SMA dalam kurikulum 2013 yaitu agar para siswa mampu memahami konsep matematika, mampu memecahkan masalah dan mampu menggunakan penalaran matematis. Inilah dasar utama yang menjadi pedoman untuk kita mengajar matematika.

Memahamkan konsep matematika kepada siswa terutama untuk siswa kelas IPS sebaiknya memerlukan strategi khusus. Bagi saya, untuk mengajarkan siswa kelas IPS tentang konsep matematika, cukup dipahamkan saja kepada mereka dengan sebuah rumus dan aturan operasinya. Lo kenapa?

Karena dari informasi yang sudah saya himpun, buat saya yang lebih diperlukan siswa dalam mempelajari matematika adalah menggunakan rumus tersebut dalam memecahkan masalah.

Sehingga saya perlu menggunakan formula rasi bintang untuk siswa siswi saya yang berada di kelas IPS.

RASI merupakan sebuah akronim dari kata Rumus Aturan dan operaSI.Setiap konsep matematika selalu akan diterjemahkan dalam sebuah rumus aturan dan cara mengoperasikannya (menyelesaikannya). Oleh karenanya saya sangat jarang membelajarkan siswa IPS tentang konsep menemukan sebuah rumus dan aturan. Karena buat saya itu tidak terlalu penting dan manfaat untuk mereka. Terlebih lagi intake siswa IPS dan minat matematika mereka bisa dikatakan tidak mumpuni dalam menemukan sebuah konsep. Sehingga menemukan suatu konsep matematika memerlukan logika yang cukup sulit dan akan menjadi sia sia bagi siswa tersebut.

Sebagai contoh, untuk mengajarkan tentang perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Maka saya hanya akan jelaskan bahwa aturan trigonometri berawal dari sebuah segitiga siku siku. Saya juga langsung beritahu cara penamaan sisi sisi segitiga siku siku tersebut berdasarkan letak sudutnya. Kemudian setelah itu saya tuliskan rumus dan aturan trigonometrinya berdasarkan perbandingan sisi sisinya. Bahkan terkadang rumus dan aturan tersebut saya beri singkatan supaya siswa mudah mengingatnya.

BINTANG juga merupakan sebuah akronim dari kata Buat rumus dengan INdah, Tampilkan, Analisis dan Gunakan. Dalam hal ini bintang merupakan suatu metode yang saya gunakan untuk memahamkan konsep matematika tersebut. Metode ini berupa tahapan tahapan atau langkah langkah yang saya lakukan untuk membelajarkan konsep matematika yang saya rangkum dalam bentuk rasi.

Agar siswa bisa membuat rumus dengan indah maka saya memerlukan media. Untuk membuat media ini saya meminta bantuan dari siswa. Oleh karenanya sebelum pertemuan dimulai saya meminta siswa untuk membawa karton atau kertas kambing, gunting, spidol, maupun penggaris dan segala perlengkapan yang diperlukan secara berkelompok. Biasanya satu kelompok terdiri atas 5-6 siswa.

Adapun tahapan pembelajarannya di kelas adalah sebagai berikut :

1. Kegiatan Pendahuluan yang terdiri atas penjelasan tujuan pembelajaran, apersepsi dan motivasi (5 menit)

2. Kegiatan inti.

*Untuk kegiatan inti terlebih dahulu saya menjelaskan pengertian dari materi pokok pembelajaran, contoh-contoh penggunaan kontekstual masalahnya serta yang terpenting menuliskan rumus di papan tulis beserta aturan penggunaannya. (10 menit)

*Lalu saya meminta siswa duduk secara berkelompok untuk membuat dengan indah rumus yang saya tuliskan di papan tulis dalam sebuah media. Saya mengkhususkan siswa membuat media berbentuk bintang sesuai keinginan mereka. Bentuk bintang saya bebaskan kepada mereka untuk berkreasi. Saya beri waktu mereka sekitar 20 menit. (BIN)

*Berikutnya, Perwakilan dari setiap kelompok menampilkan hasil karyanya di papan tulis sambil menganalisis (menjelaskan kembali rumus tersebut dengan kalimat mereka masing masing dan alasan kenapa mereka membuat bentuk bintang seperti itu dan makna dari rumus yang mereka buat. (TAn). Setelah presentasi saya minta mereka memberikan kesempatan kelompok lain menanggapinya. Tentu suasana ini membuat riuh suasana. Karena terkadang mereka menceritakan filosofis bentuk bintang mereka. Biarlah, buat saya yang terpenting mereka bahagia. Kegiatan ini biasanya berlangsung lebih kurang 45 menit.

*Langkah terakhir adalah menggunakan rumus rumus tersebut dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan (G). Setelah mereka faham dengan konsep rumus dan aturannya secara massif, maka saya memberikan contoh contoh penggunaan rumusnya dan cara (aturan) menyelesaikannya. Lalu saya beri siswa lembar kerja yang harus diselesaikan oleh setiap siswa dengan jumlah soal paling banyak 2 dan dikumpulkan saat itu juga.

3. Kegiatan Penutup

Setelah semua rangkaian rasi bintang selesai, as qmaka saya meminta siswa untuk membuat rangkuman pada buku catatan masing masing dengan kalimat mereka sendiri kemudian saya beri paraf.

Jika masih ada waktu saya akan mengumumkan kelompok yang paling baik dan saya beri reward berupa bintang di buku nilai saya.

FORMULAKU bermakna bahwa metode yang saya gunakan ini khusus buat siswa yang memerlukan perhatian khusus. Metode ini selalu saya gunakan pada kelas kelas yang menurut saya siswanya tergolong "ngantuk'an" ketika pembelajaran berlangsung.

Demikian yang bisa saya paparkan. Mohon maaf jika penulisan nya kurang berkenan.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Selamat berkarya dan salam literasi

Jembatan mas, 23 Januari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menggunakan rumus utk memecahkan masalah keren bu. Salam ukhuwah. Sudilah kiranya jika ada waktu mampir ke kami follow balik.barakallah smgbibu sehat sll

24 Jan
Balas



search

New Post