HESTY GORANG

Seorang ibu rumah tangga memiliki keinginan yang kuat untuk berbagi melalui tulisan. Sejauh ini telah menghasilkan sebuah karya solo, dan beberapa buku antologi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Meraih Kesempurnaan Hidup Dengan Empat Martabat
www.designermill.com

Meraih Kesempurnaan Hidup Dengan Empat Martabat

Bagaimana membangun kehidupan yang “sempurna”? tentu semua orang menginginkan hal itu. “sempurna’ dalam berpikir, bertingkahlaku, tentu segala hal yang mencakup kehidupan. Dan tentunya hal-hal yang baik. Banyak orang menganggap hidup mereka telah disempurnakan oleh harta dan kekayaan mereka, namun hati mereka begitu miskin. Nah, hal seperti inilah yang harus kita sempurnakan pula. Jika, hanya mengandalkan kekayaan, pangkat dan jabatan sebagai kesempurnaan yang menhantar pada kebagahiaan. Maka, dengan tegas saya katakana, hal itu benar-benar tidak mencukupi untuk kehidupan yang bahagia.

Oleh karena itu kita butuh bumbu dasar untuk meyempurnakan hal tersebut. Hal itu saya tulis dalam empat martabat yang saya dapatkan dari sebuah buku luar biasa yang berjudul Tadabbur Qur’an Di Akhir Zaman.

Keempat martabat itu adalah:

1. Mengetahui kebenaran

Ketika kita mengetahui kebenaran dan suatu yang membawa kita kepada kebenaran. Hendaklah kita mengambilnya, menelitinya, karena berjalan di atas kebenaran adalah salah satu kunci penerang dalam kehidupan kita.

2. Mengamalkan kebenaran

Setelah mengetahui kebenarannya, hendaklah kita mengamalkannya.

3. Mengajarkan kebenaran kepada orang lain

Muslim yang baik adalah yang bermanfaaat bagi muslim yang lain. Itu adalah hakikat terpenting seorang manusia. Apa yang telah kita ketahui tentu harus kita salurkan pada orang lain, terutama keluarga kita. Amalan yang baik itu harus dibagi-bagi. Semakin banyak yang kita salurkan, maka makin banyak pula orang yang melakukan kebaikan.

4. Sabar dalam menyesuaikan diri dengan kebenaran, dalam mengamalkan dan mengajarkannya.

Segala yang telah kita lakukan, dan yang akan kita lakukan harus didasari dengan kesabaran. Kesabaran merupakan “pokok” kehidupan ini. Kenikmatan dalam hidup yang tak dapat dilakukan oleh semua manusia adalah bersabar.

Itulah empat bartabat yang harus kita bangun untuk membangun kesempurnaan dalam hidup kita. Dan point keempat adalah inti dasar dari keempat martabat tersebut. Jika, kita bersabar dalam menjalankannya, maka tidak akan sia-sia usaha dan kerja kita. Seperti halnya sholat. Tuhan menyuruh kita untuk tetap melakukan kewajiban kita sebagai seorang muslim. Jika, tidak sabar dalam mejalaninya, akan terputus-putus apa yang kita lakukan.

Untuk terus mengingat bahwa kesabaran adalah hal terpenting dalam melakukan sebuah kebenaran, ingatlah firman Allah dalam alqur’an surat Al-Ashar. Dalam surat tersebut menyatakan bahwa, kita selaku manusia ini berada dalam kerugian, kecuali orang yang saling menesehati dalam kebenaran dan menesehati dalam kesabaran.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah,kita punya tema yang sama Minggu ini Tulisan yang bergizi dan kriuk Salam! Literasi

06 Oct
Balas

Alhamdulillah. Trimakasih bu guru. Sudah meluangkan waktu tuk membaca artikel sy. salam literasi

06 Oct
Balas



search

New Post