HBR HIMAWAN BASTARI

Seorang guru Sekolah Menengah Pertama di pedalaman Sumatera Selatan Alumni Universitas Lampung pada program pendidikan Geografi Tahun 2004 Penggia...

Selengkapnya
Navigasi Web
SISI LAIN SANG GURU BANGSA

SISI LAIN SANG GURU BANGSA

Saat itu pada Februari 1959 Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara) sakit.

Tokoh pendidikan yang namanya sejajar dengan Montessori dan Rabindranath Tagore ini punya peran sejarah yang besar bagi bangsa ini.

jaringan ya ng luas, ketekunannya bentengi bangsa dengan kepribadian tak diragukan.

Maka, soekarno meneyambangi tokoh pendidikan nasional yang amat beliau hormati

Bung Karno pernah jadi guru Taman Siswa cabang Bandung serta anggota Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Menjelang wafat (26 April 1959), Ki Hajar berwasiat kepada bangsa ini , melalui Bambang Sukowati.

"Apapun yang dikatakan orang tentang diriku wajib menerimanya. Namun, kalau suatu ketika ada orang minta pendapatmu, apakah Ki Hajar seorang nasionalis, radikalis, sosialis, humanis, tradisionalis, ataupun demokrat? Maka katakanlah, Aku hanya orang Indonesia biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dengan cara Indonesia."

Ki Hajar telah bimbing kita tentang bagaimana hidup sebagai diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Mari ziarahi kembali pemikiran beliau, bumikan dalam kehidupan, dan lanjutkan perjuangan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mas yudha ....niki hasil belajar dan membaca tulisan mas yudha juga heheheheheh

07 May
Balas

Napak tilas pemikiran ya pak Himawan. Mantap.

03 May
Balas



search

New Post