Himmah Mufidah

Himmah Mufidah guru MA Almaarif Singosari. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Talkshow Kepenulisan dan Launching Buku Siswa MA Almaarif Singosari
Nulis Yuk....

Talkshow Kepenulisan dan Launching Buku Siswa MA Almaarif Singosari

TALKSHOW KEPENULISAN DAN LAUNCHING BUKU

KARYA SISWA MA ALMAARIF SINGOSARI

MA ALMAARIF, (Sabtu/9/4/2022) - menggelar acara talkshow. Tema kali ini adalah tentang “Mudahnya Menulis dan Menerbitkan Buku”. Acara ini di gelar di Aula Lantai 2, dimulai Pukul 08.00 wib. Materi kepenulisan sekaligus launching buku oleh kelas XII MA Almaarif Singosari diketuai oleh Ahmad Dawlillah. “Acara ini digelar sebagai bentuk apresiasi atas lahirnya buku antologi sekaligus memotivasi adik kelas untuk semangat Menulis”, ujar Ketua Pelaksana yang duduk dibangku kelas XII MIPA 2.

Pemateri pertama adalah Ibu Himmah Mufidah, S.S., M.Pd. Beliau merupakan guru Bahasa Indonesia di MA Almaarif. Guru sekaligus Alumni MA, ini menyampaikan materi tentang mudahnya menulis dan motivasi tentang kepenulisan.

Dilanjutkan pada materi kedua. Tentang Penerbitan buku. Kali ini disampaikan oleh Bapak Ernaz Siswanto, M.Pd yang merupakan direktur dari CV. Beta Aksara. Penerbitan yang Lahir di bulan Ramadhan 1439 H ini sudah banyak menerbitkan buku. Termasuk buku-buku karya siswa MA yang hari ini diadakan launching. Ada 5 judul buku Antologi yang dalam proses menunggu ISBN.

Karya Antologi Cerpen karya siswa Tahun Pelajaran 2021/2022 tersebut memiliki judul yang berbeda. Pertama berjudul Cammaraderie Karya Siswa Kelas XII IPA 1. Kedua berjudul Kejar Layangan karya siswa kelas XII IPA 2. Ketiga berjudul RUANG (Susah, Senang, Narah, Kecewa, Semua Butuh Ruang) karya siswa Kelas XII IPA 3. Keempat berjudul RUMPANG RAMPUNG (Hanya Sekedar Finish) karya siswa kelas XII IBB 1. Dan terakhir berjudUl DHANDANGGULO karya siswa kelas XII IBB 2.

Bincang santai namun diikuti secara serius ini diikuti oleh siswa-siswi pilihan MA Almaarif. Selain siswa kelas XII sebagai penulis buku Antologi ada juga siswa kelas X dan XI. Mereka adalah anggota PK. IPNU & IPPNU, HSP/Jurnalistik, PERKUSI. Acara yang dikemas dalam bentuk Talkshow ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada siswa-siswi tentang menulis sebuah buku, serta cara penerbitan.

74 Peserta yang hadir semangat mengikuti acara mulai awal hingga akhir. Pemandu acara pagi itu adalah Ajeng Ramadhani, siswi yang duduk dibangku kelas XII MIPA 2. Seluruh peserta yang hadir menyimak pemaparan materi selama 30 menit dengan baik. Selanjutnya kegiatan ini banyak menghabiskan waktu pada sesi tanya jawab.

Proses Penerbitan buku baik secara mayor maupun Indie sangatlah mudah. Pemateri kedua sekaligus guru PNS di SDN kota Batu tersebut menjelaskan tentang perjalanan dalam penerbitan buku dari penyerahan naskah hingga menjadi sebuah buku. Disamping itu beliau juga memberi tips pemasaran buku. Menariknya menjadi Penulis juga sebuah peluang menjadi entrepreneurship.

Kegiatan ini bertepatan dengan puasa ramadhan pada hari ke-7 disambut dengan antusiasme dari peserta. Hal itu ditandai dengan banyaknya siswa yang mengacungkan jari untuk bertanya tentang kepenulisan dan penerbitan buku. Meskipun tidak semua siswa berkesempatan untuk mengajukan pertanyaannya dikarenakan waktu yang terbatas. Pertanyaan yang diajukan beberapa siswa sangat beragam seperti pertanyaan yang diajukan oleh Lukman Hakim siswa kelas X IIS 2 yang menyanyakan tentang tips menulis fiksi. Sedangkan pertanyaan dari Ovy Chandra bertanya tentang bagaimana cara menulis buku non fiksi yang menarik.

Peserta yang berhasil mengajukan pertanyaan mendapatkan doorprize langsung dari bapak Ernaz Siswanto S.Pd. M.Pd. berupa buku bacaan. Ada sembilan Peserta yang mendapatkan buku bacaan secara cuma-cuma. Selain itu seluruh peserta yang hadir hari ini dan sudah memiliki naskah dengan memenuhi kriteriapenerbitan dapat diterbitkan secara gratis oleh CV BetaAksara.

Pemateri Kedua Mengakhiri pemaparan materi dengan sebuah kata bijak bahwa, “Sukses itu adalah Membantu Orang Lain Menjadi Sukses”. Sementara Ibu Himmah menyampaikan bahwa, “Setinggi apapun prestasi seseorang, jika belum menerbitkan Buku belum-lah Sempurna”.

Acara selanjutnya yaitu pemberian cinderamata kepada Pemateri. kegiatan pagi ini ditutup dengan doa akhir belajar dan foto bersama.

Reportase : Zahrotul Mufidah dan Maulida Nurul Aisyah (Siswi Kelas XI MIPA 2)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post