Hindun

Saya adalah Hindun guru IPS di SMPN 179 Jakarta, yang memulai karir dari SDN di bilangan Jakarta Pusat sebagai Pembantu Pembina Pramuka dan berusaha menjadi gur...

Selengkapnya
Navigasi Web

HUH - HAH

H-3

Huh-hah, begitulah teriakan dari peserta didik yang sedang mendapatkan pembiasaan pramuka hari ini di lapangan sekolah setelah melaksanakan apel pagi untuk pembiasaan pramuka pada pagi hari ini. Kebetulan pagi ini yang menjadi petugas upacara adalah kelas 7-7 yang seccara otomatis yang menjadi pembina upacaranya adalah wali kelasnya dan itu adalah saya sendiri. Biasanya bagi kelas yang ditunjuk untuk menjadi petugas mereka diminta untuk menunjuk atau menetukan siapa saja yang mewakili untuk menjadi petugas hari ini.

Sebelum hari pelaksanaan mereka yang bertugas diminta untuk berlatih dan yang menadi pelatinya adalah kakak kelas dan kaka pembina ekskul pramuka. Alhamdulillah pas pelaksanaan petugas upacara hari ini sudah melaksanakan tugasnya dengan sempurna, yang tertinggal atau kesalahan yang kami lakukan adalah lupa untuk meikkan bendera merah putih diting bendera dan sebagai gantinya Kami meminjam bendera merah putih yang ada dikelas. Tetapi untuk pelaksanaan apel upacara pada hari ini petugas upacara yang dilakukan oleh kelas VII-7 sudah dilaksanakan dengan sangat baik.

Acara selanjutnya adalah latihan duduk siap dan Latihan dasar PBB, dalam kesempatan ini Kak Dwi Astuti dan Kak Siti Kurniasari (Kak Nia). Latuhan duduk siap adalah latihan yang didapat dari Kak Bram yang memberikan pekatihan ini supaya adik-adik penggalang juga bisa tahu bagaimana cara duduk sip yang benar. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk duduk siap adalah sebagai berikut:

1. Ketika aba-abanya Duduk siap.... grak

2. Katika kaki kanan diangkat ke depan dibarengi dengan teriakan HUH, dan ketika kaki kanan di kesampingkan dibarengi dengan teriakan HAH

3. Ketika di teriakan 179, langsung bokong dan badannya diturunkan sehingga langsung duduk sila (bersila)

Sedangkan untuk aba-aba posisi berdiri, maka langkah yang harus dillakukan adalah :

1. Ketika ada aba-aba posisi berdiri gerak, maka peserta didik meneriakkan Siap dengan posisi dua tangan di samping agak kebelakang sedikit

2. Langkah yang kedua adalah setelah mengucapkan atau meneriakkan 179 berdiri, maka peserta didik langsung berdiri kembali ke posisi siap

Kemudian latihan yel-yel NKRI, pancasila dan 179 di dadamu, kemudian dilanjutkan dengan pengetesan latihan PBB dengan aba-aba atau perintah 3 atau 4 perintah dan langsung dilakukan. Misalnya aba-aba balik kanan, hadap kanan, hormat gerak. Serong kanan, serong kiri balik kanan gerak dan lain-lain. Kebetulan setiap upacara terbagi menjadi 4 pasukan, 2 pasukan putri dan 2 pasukan putri. Mereka di tes tiap-tiap pasukan dengan 3 aba-aba. Alhamdulillah latihan ini berjalan dengan lancar. Latihan ini berakhir jam 07.30 dan kami pun segera kembali ke kelas masing-masing.

Kalisari 2023

Salam Bahagia, salam sukses dan salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasan nya

18 Oct
Balas

Terima kasih say, salam sukses

19 Oct



search

New Post