Hisbulloh_Huda_1977

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kontinuitas itu ' Khoirunnas'
Istiqomah

Kontinuitas itu ' Khoirunnas'

Kontinuitas itu Khoirunnas 🕋

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Dalam 5 tahun terakhir ini masyarakat udah mulai care terhadap makna persaudaraan dan kontinuitas dalam menjaga umur yang barokah. Saya meng adopsi dari aktivitas mertua saya di Lumajang kota. Aktivitas Kepedulian terhadap saudara itu sangat penting. Dari Mbah canggah keturuna ke 4 diatas nasab istri saya masih guyub rukun. Dari keluarga ibu Farida binti KH.Syhiuddin dan KH.zein Adnan. Dari ila Istiqomah ,ibunya bernama CHILMIYAH Farida, mempunyai ibu Hj Aminah Zubad bintin KH. Muhammad Zubad. Halal bihalal Bani Zubad diadakan setiap tanggal 2 Syawal dan bertempat di musholla waqof buyut Fatichah Zubad di jalan Kiyai Muhsin. Dan kelurga dari ibu Farid jalur ayah biasanya tanggal 5 syawal dihadiri sekitar 400 orang.alhamdilillah masih diberi umur panjang,kita coba berjuang Shilaturrohim

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِى بَكْرَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَجُلاً قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ خَيْرٌ قَالَ « مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ ». قَالَ فَأَىُّ النَّاسِ شَرٌّ قَالَ « مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ »

Dari Abdurrahman bin Abu Bakrah, dari bapaknya, bahwa seorang laki-laki berkata, “Wahai Rasûlullâh, siapakah manusia yang terbaik?” Beliau menjawab, “Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya”. Dia bertanya lagi, “Lalu siapakah orang yang terburuk?” Beliau menjawab, “Orang yang berumur panjang dan buruk amalnya”.

_[HR. Ahmad; Tirmidzi; dan al-Hâkim]_

Aplikasi:

1. Orang yang bertambah umurnya, bila bertambah ketaatannya, maka bertambah pula pahalanya dan derajatnya disisi *الله* SWT.

2. Semakin panjang kesempatan yang dimiliki, maka akan semakin banyak keutamaan yang dapat diraih. Tidak semua orang dianugerahi kesempatan yang cukup, oleh karena itu manfaatkan semaksimal mungkin sebelum batas akhir datang dengan tiba-tiba.

3. Umur adalah modal bagi orang yang yakin akan hari akhir. Semakin panjang umur, semakin banyak modal yang diinvestasikan, maka keuntungan yang akan diraihnya juga semakin banyak. Barangsiapa melewatkan hidup untuk kebaikannya maka dia telah beruntung dan sukses. Namun barangsiapa menyia-nyiakan modalnya, dia tidak akan beruntung dan bahkan merugi dunia dan terutama akhirat.

Rasulullah *محمد* SAW bersabda:

خير الناس من طال عمره وحسن عمله وشر الناس من طال عمره وساء عمله

Sebaik baik manusia adalah yang panjang umurnya dan baik pula perbuatannya dan seburuk buruk manusia adalah yang panjang umurnya dan buruk pula perbuatannya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا يَتَمَنَّى أَحَدُكُمْ الْمَوْتَ إِمَّا مُحْسِنًا فَلَعَلَّهُ يَزْدَادُ وَإِمَّا مُسِيئًا فَلَعَلَّهُ يَسْتَعْتِبُ (رواه البخاري)

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah *محمد* SAW bersabda: “Janganlah kalian berangan-angan mengharapkan datangnya kematian. Karena, kalaulah dia orang baik, siapa tahu ia bisa menambah kebaikannya. Dan kalaulah dia adalah orang jahat, siapa tahu ia bisa meminta penangguhan (untuk bertaubat).”

_[HR. Bukhari]_

Firman *الله* SWT yang berkaitan dengan tema hadits tersebut adalah:

يَا أَيُّهَاالَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖوَاتَّقُوااللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

“Hai orang-orang yang

beriman, bertakwalah kepada *الله* dan hendaklah setiap diri memerhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada *الله*, sesungguhnya *الله* Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

_[QS Al-Hasyr:59/ayat 18]_.

FirmanNya juga:

وَمَنْ نُعَمِّرْهُ نُنَكِّسْهُ فِي الْخَلْقِ أَفَلا يَعْقِلُونَ

“Dan barang siapa Kami panjangkan umurnya niscaya Kami kembalikan dia kepada awal kejadian, (yaitu pikun tidak tahu apa-apa). Maka mengapa mereka tidak mengerti”

_[QS Yassin/36: Ayat 68]_

Lumajang 27 April 2023

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post