Hj.Kahfi Sabariah,M.PFis

Lahir di Jakarta, 26 February 1969 Pendidikan : S2 Institut Tehnologi Bandung Angkatan 2007, S1 Jakarta Angkatan 99, D3 IKIP Jakarta angkatan 88, SMAN 21...

Selengkapnya
Navigasi Web
TANTANGAN GURUSIANA KE 14  Penggunaan Teknologi Nuklir di Bidang Pertanian  By. Kahfi saba

TANTANGAN GURUSIANA KE 14 Penggunaan Teknologi Nuklir di Bidang Pertanian By. Kahfi saba

Aplikasi Nuklir

TANTANGAN GURUSIANA KE 14

Penggunaan Teknologi Nuklir di Bidang Pertanian

By. Kahfi sabariah

Teknologi nuklir mengembangkan, meningkatkan populasi kebutuhan makanan lebih cepat, kontribusi radiasi meningkatan efisiensi dan hasil dari sumber daya pertanian . Aplikasi pertanian melalui energi nuklir dan teknologi, empat bidang utama pembangunan : penurunan hama, perbaikan kesehatan hewan, peningkatan produksi tanaman, dan meningkatkan pengolahan makanan.

Teknologi nuklir mengendalikan hama/serangga, memiliki efek besar secara medis pada pertanian dari serangga perusak tanaman. Sementara insektisida/pestisida memiliki dampak, hama dan serangga resisten terhadap pengobatan tertentu, dan penyemprotan insektisida/pestisida membutuhkan peralatan dan tenaga sesuai hektar bidang tanaman. Perkembangan teknik serangga steril ,The sterile Insect Technique (SIT) adalah metode teknologi nuklir paling mutakhir di mana telah dimanfaatkan untuk mengendalikan atau menghilangkan serangga. Metode SIT digunakan telur serangga jantan yang baru menetas dengan iradiasi Gamma telah mensterilisasi jantan. Serangga steril ini mencapai dua tujuan sekaligus. Ini bertindak sebagai solusi aman lingkungan untuk kontrol serangga dan juga mempromosikanancaman serangga berbahaya.

Tehnologi Nuklir , meningkatkan kesehatan hewan, Teknik radiasi juga berdampak untuk memastikan kesehatan hewan yang penting bagi sarana pertanian. Dalam mengembangkan feed komersial, Radioisotop digunakan untuk melacak jalan makanan dalam sistem pencernaan hewan. Proses ini memberikan wawasan ke mana dan seberapa cepat makanan dipecah menjadi jaringan tubuh atau susu. Hal ini memungkinkan untuk nilai gizi makanan yang akan ditentukan dan karena itu feed komersial dapat memenuhi kebutuhan masing-masing hewan.

Meningkatkan produksi tanaman, Peran teknologi nuklir dalam meningkatkan produksi tanaman dapat dilihat di beberapa daerah, tetapi yang paling penting dalam dampaknya telah pada pengurangan pupuk. Banyak petani telah menemukan manfaat dalam mengurangi jumlah pupuk yang mereka gunakan dalam menghasilkan hasil yang besar karena mengurangi biaya dan meminimalkan kerugian lingkungan. pelabelan jumlah dan jenis pupuk yang berbeda dengan radioisotop memungkinkan petani untuk langsung mengasosiasikan efisiensi gizi dan kekurangan sebagai pupuk berlabel dilacak karena mereka diserap ke dalam area tertentu dari tanaman.

Meningkatkan pengolahan makanan,Terakhir, pelestarian makanan yang sudah dipanen atau diproduksi adalah area akhir fokus yang telah dipengaruhi oleh teknologi nuklir di bidang pertanian yang luas. Teknik ini disebut iradiasi makanan. Iradiasi makanan bertujuan untuk menghentikan siklus reproduksi bakteri yang sering menyebabkan makanan tersebut untuk merusak.

[1] A. E. Waltar, "The Medical, Agricultural, and Industrial Applications of Nuclear Technology," Pacific Northwest National Laboratory, 16 Nov 03.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu tulisannya

06 Jun
Balas

Tapi teknologi seperti tersebut biasanya mahal ya bu. Terimakasih sudah share ilmu lewat tulisan keren ini. Barokallah

06 Jun
Balas

saya kira nuklir itu cuma buat tenaga listrik dan sebagainya ternyata ilmu fisika itu luas ya?. maklun saya bukan dr SMA jd ga pernah belajar sama sekali.

11 Jun
Balas



search

New Post