Hj.Mursidah,S.Pd.,M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Membuat Media Tanam (T.135)

Cara Membuat Media Tanam (T.135)

Cara Membuat Media Tanam

Jam yang bertengker di dinding kamarku baru menunjukkan pukul 02.10 WITA tetapi anak-anak dendang sahur sudah bereaksi membangunkan aku yang terlelap. Aku tidak bisa lagi tidur walau masih terus berbaring hingga pukul 03.00 Wita.

Aku meninggalkan tempat tidurku untuk melaksanakan aktifitas salat Tahajjud dan witir, kemudian mempersiapkan hidangan sahur untuk keluarga kecilku. Pukul 04.00 aku membangunkan mereka. Aku sengaja membangunkan jam 04.00 Wita supaya mereka tidak tidur lagi menjelang salat subuh.

Mungkin karena terlalu cepat bangun sehingga selepas salat subuh aku merasa sangat mengantuk. Aku berusaha menahan rasa ngantuk dengan melakukan aktifitas fisik. Aku tidak mau tidur pagi-pagi karena jika aku melakukannya besar kemungkinan aku sakit kepala lagi.

Sekitar jam tujuh aku mengajak suamiku mengambil sekam bakar. Sampai di rumah rasa ngantuk masih terus menyerang. Untuk mengusir rasa itu aku mencoba membuat media tanam. Di rumah sudah ada tanah, kompos, dan sekam bakar.

Aku masih ingat penjelasan dari narasumber waktu sosialisasi ketahanan pangan pada acara Jambore Cabang sebelum Pandemi melanda bumi. Waktu itu narasumber memberikan penjelasan cara membuat media tanam untuk tabulapot/ tanaman hias. Acaranya adalah;

Siapkan tanah yang terlihat gembur dan subur, lebih baik ambil dari bagian paling atas. Selanjutnya, ayak tanah tersebut hingga menjadi butiran-butiran halus. Usahakan tanah dalam keadaan kering sehingga tidak menggumpal. Tanah yang menggumpal akan menyebabkan bahan-bahan tidak tercampur dengan merata. Siapkan kompos atau humus yang telah matang. Ayak kompos atau humus tersebut sehingga menjadi butiran halus. Siapkan arang sekam. Campurkan tanah, kompos, dan arang sekam dalam sebuah wadah. Komposisi campuran adalah 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sekam (2:1:1). Aduk hingga merata. Untuk tanaman hias seperti aglonema (1:1:1) Siapkan pot atau polybag, masukkan campuran tersebut ke dalamnya. Media tanam sudah siap digunakan.

Selamat mencoba semoga tanaman kita bisa tumbuh subur baik tanaman tabulapot maupun tanaman hias.

Parepare, 13 April 2021

Tantangun Guru Siana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post