Hj.Mursidah,S.Pd.,M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Resep Pisang Ijo (T, 143)

Resep Pisang Ijo (T, 143)

Resep Pisang Ijo

Pagi ini aku melihat pisang raja di meja sudah sangat masak, kulitnya sudah mulai menghitam. Sebenarnya tinggal setengah sisir. Sisa dari membuat kue Palla Butung kemarin. Dari pada rusak aku kukus saja.

Setelah membersihkan rumah aku pun berpikir kue apa yang bisa dibuat dari pisang raja yang sudah di kukus. Kuperiksa isi lemari penyimpanan bahan makanan. Masih ada terigu, tepung beras kemasan, gula, butiran sagu, sirup DHT. Timbullah ideku untuk membuat pisang ijo. Anak dan suamiku senang makan pisang ijo. Pisang ijo ini merupakan kuliner khas Sulawesi Selatan.

Resepnya adalah

Bahan

1. 8 buah pisang raja

2. 250 ml santan segar

3. 250 ml air kelapa murni / hydro coco original

4. 150 gr gula pasir

5. 1 lembar daun pandan

6. 50 gr tepung maizena, larutkan dengan air

7. 175 gr tepung beras

8. 5 ml pasta pandan

9. 200 ml sirup pisang raja

10. 100 gr mutiara

11. 2 sdm mentega

Cara membuat pisang ijo

Langkah pertama adalah membuat kulit luar pisang.

1. Didihkan 150ml santan, masukkan 75 gram gula, dan garam secukupnya. Aduk sampai gula larut, masak dengan api kecil dan terus aduk.

2. Tambahkan pasta pandan dan mentega, bertujuan menghasilkan warna ijo mengilap. Masukkan tepung beras. Aduk sampai adonan kalis dan tidak menempel di panci. Dinginkan.

3. Ambil adonan kulit sebanyak 3 sdm. Letakkan di atas plastik. Pipihkan dan bentuk jadi lingkaran.

4. Taruh pisang raja di atasnya. Gulung dan pastikan pisang tertutup adonan kulit.

5. Lakukan sampai adonan dan pisang habis.

6. Kukus pisang selama lebih kurang 5 menit.

7. Setelah matang, potong ukuran 2 cm. Pastikan tidak terlalu tebal atau tipis.

8. Susun pisang ijo dalam mangkuk saji. Siap disiram dengan saus dan situp DHT

Langkah ke dua membuat Saus:

1. campur santan, air kelapa, dan gula pasir.

2. Masukkan daun pandan untuk hasilkan aroma harum.

3. Aduk sampai mendidih, tambahkan garam.

4. Larutkan tepung beras dengan air kelapa.

5. Campurkan ke adonan saus, aduk hingga mengental. Masak sampai berbuih.

6. Angkat dan saring agar teksturnya lembut

Pisang ijo ini enak dimakan jika dingin dan juga dalam keadaan hangat. Bagi ingin mencoba membuat pisang ijo silahkan!

Parepare, 21 April 2021

Tantangan Guru siana

Tantangan H. 143

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih resepnya. Kalau aku pake terigu saja. Salam sukses

22 Apr
Balas

Jadi ingin mencoba Bu, Sepertinya lezat. Salam kenal dan salam literasi dari Asahan

21 Apr
Balas

Silahkan dicoba bu, terima kasih

22 Apr

Keren bu. Terima kasih sudah berbagi resep. Sukses selalu Ibu

21 Apr
Balas

Keren bu. Terima kasih sudah berbagi resep. Sukses selalu Ibu

21 Apr
Balas

Terima kasih juga

22 Apr

mau coba besok2 ah, makasih bnyak bu tulisan dan resepnya, salam literasi, sehat selalu

21 Apr
Balas

Terima kasih juga bu

22 Apr



search

New Post