Hj. Teti Asmarni, S. Pd

Guru IPA MTsN 1 Lima Puluh Kota-Padang Japang. Kantor Kemenag. Kab. Lima Puluh Kota. Alumni Jurdik Biologi IKIP Padang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Anak Tumpuan Harapan

Anak Tumpuan Harapan

#Tagur H.408

Sebagai orang tua tugas kita adalah membimbing, mengarahkan dan memfasilitasi anak-anak. Orang tua harus memberikan fasilitas, memenuhi segala kebutuhan anak. Kebutuhan baik berupa materi maupun non materi. Kebutuhan materi berupa pangan, sandang dan papan. Kebutuhan non materi berupa kasih sayang, bimbingan, pendampingan.

Salah satu kebutuhan yang mendasar yang menjadi modal bagi tumbuh dan berkembang anak kita adalah dibidang pendidikan. Peran orang tua sangat penting dan menentukan bagi anak-anaknya mengarungi kehidupan. Fakta di sekitar kita, dapat kita amati. Pendidikan dan status sosial orang tua tidak menjamin akan berhasil memfasilitasi anak-anaknya menjadi insan yang berhasil. Dan sebaliknya orang tua yang sederhana, tidak memiliki pendidikan yang tinggi bisa membentuk dan memfasilitasi anaknya menjadi insan yang sukses. Karena ukuran sukses ini juga sangat beragam. Ada orang yang mengukur kesuksesan dari pencapaian kecukupan di bidang materi/ harta. Ada orang yang mengukur keberhasilan dari tingginya pencapaian jenjang pendidikan. Dan ada juga yang mengukur keberhasilan anaknya di bidang religius. Semestinya keberhasilan adalah di segala bidang, secara komprehensif.

Keberhasilan yang dicapai seseorang juga akan saling kait mengkait antara satu bidang dengan bidang yang lain. Seseorang yang memiliki pendidikan yang cukup baik akan memiliki syarat untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Pekerjaan yang baik akan memberikan penghasilan yang lebih dari cukup. Dengan pendidikan yang cukup bisa mengarahkan dirinya memiliki pemahaman yang baik di bidang religius keagamaan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari segala kebutuhan yang ada untuk manusia, pendidikan termasuk bidang yang penting. Maka tidaklah heran, sebagian besar orang tua sangat konsen mengarahkan dan memfasilitasi pendidikan anaknya. Agar mendapatkan pendidikan terbaik, orang tua berharap banyak terhadap pendidikan yang ditempuh sang anak.

Lubuak Simato, 22 April 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post