Hj. YILWERI, S.Ag

Terlahir sebagai putri bungsu dari pasangan ayah Muhammad Noer dan ibu Nurma pada tanggal 3 November 1971 silam di Sulit Air Kabupaten Solok Sumatera Barat, say...

Selengkapnya
Navigasi Web
Meneroka Dapur Pentigraf ( Reportase Webinar V )

Meneroka Dapur Pentigraf ( Reportase Webinar V )

By : Yilweri, S.Ag

        Guru MTsN 7 Solok

Sabtu, 20 Juni 2020 bersamaan dengan kegiatan penerimaan rapor akhir tahun pembelajaran atau rapor kenaikan kelas bagi siswa siswi di seluruh nusantara, Media Guru Indonesia kembali mengadakan webinar. Kali ini webinar mengusung tema tentang Meneroka Dapur Pentigraf, dengan menghadirkan narasumber ahli dibidang penulisan Pentigraf. Beliau adalah Dr. Tengsoe Tjahjono, M.Pd. seorang sastrawan yang prestasinya telah menembus kancah internasional. Mas tengsoe juga dikenal sebagai pencetus karya sastra berupa cerita pendek tiga paragraf, yang saat ini lebih tren dengan pentigraf.

Dalam uraiannya, Dr. Tengsoe Tjahjono, M.Pd. menjelaskan tentang apa itu pentigraf. Katanya, pentigraf bukanlah istilah baru, jauh sebelumnya pentigraf ini sudah ada. Namun belum dikenal secara luas dalam masyarakat. Namun sekarang pentigraf membumi dikalangan pencinta sastra, terutama sekali dalam lingkup media guru Indonesia. Saya berterima kasih kepada MGI yang telah mengangkat webinar ini dan memperkenalkan secara dalam kepada para guru, dosen, pengawas dan kepala sekolah, bahkan kepada mahasiswa tentang pentigraf ini, lanjut mas Tengsoe.

Pentigraf merupakan singkatan dari Cerpen Tiga Paragraf. Penulisannya hanya terdiri dari tiga paragraf saja dan terdiri dari 210 kata. Dalam pentigraf harus dihindari tulisan yeng berbentuk dialog. Kalaupun dialog  penting, maka cukup satu kali saja. Yang tidak boleh hilang dalam pentigraf adalah twist, yaitu adanya kejutan dan surprise diakhir penulisan ( pada alenia ketiga ).

Narasumber kedua dalam webinar V ini adalah mas Eko Prasetyo, pemimpin redaksi gurusiana yang hebat dan selalu membuat peserta deg degan karena gaya dan triknya yang luar biasa. Dengan gaya beliau yang serius dan humoris membuat para webiner ngakak sendiri. Dalam penjelasannya mas Eko menyampaikan bahwa dalam pentigraf penulis dapat menjadikan manusia, tumbuhan dan hewan sebagai tokoh cerita. Diakhir kegiatan mas Eko membagikan quiz, dengan memberikan beberapa pertanyaan menjebak. Peserta webinar harus menjawab dengan ekstra hati hati. Maka lima peserta pertama yang menjawab benar mendapatkan hadiah berupa buku pentigraf karya mas Dr. Tengsoe Tjahjono, M.Pd.

Semoga webinar ini memberikan manfaat yang luas bagi kita semua dalam berkarya dan menulis. Kedepan kita bisa menulis pentigraf yang sesuai dengan persyaratannya. Selamat kepada pemenang quiz webinar V.

 

Salam literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post