Hj. Yuhaeni. M.Pd

Terlahir dengan nama Yuhaeni, nama panggilan Yuhai.Lahir di Depok tanggal 29 Januari .puteri ke-3 dari Bapak H.M.Yunus dan ibu Hj.Siti Asiah ( Almarhumah). Pern...

Selengkapnya
Navigasi Web
Oyong atau Pare.. ya?
Sayur Oyong

Oyong atau Pare.. ya?

Oyong atau Pare yah?

Sekilas seperti pentungan Hansip, tanaman sayur apakah itu? Itu adalah oyong atau gambas. Oyong sangat nikmat dibuat masakan sayur bening. Sayur oyong bening biasa dinikmati oleh orang- orang yang tidak menyukai sayur bersantan, sayur bening biasa dikonsumsi oleh orang yang sedang kurang sehat. Untuk mengenal lebih lanjut sayur oyong ini, marilah kita baca artikel ini.

Oyong adalah tumbuhan yang merupakan anggota keluarga Cucurbitaceace. Sebagian besar penduduk indonesia pasti mengenal dan pernah mengonsumsi gambas atau oyong ini dikarenakan ada banyak tersedia di pasar atau warung- warung sayur. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat oyong yang baik bagi kesehatan tubuh?

Manfaat sayur oyong untuk kesehatan:

- Mengurangi gejala radang sendi.

- Baik untuk kesehatan kulit.

- Mengatasi diabetes tipe 2.

- Mengatasi migrain.

- Mencegah Anemia.

- Mencegah nyeri otot.

Oyong tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis dan subtropis.Tanaman ini tumbuh merambat seperti mentimun.Buah ini berbentuk panjang dengan tonjolan pada bagian permukaan kulitnya dan berwarna hijau, sedangkan daging buahnya berwarna putih.

Di dalam biji oyong terkandung zat alkaloid, streroid, dan kukurbistan yang sangat baik untuk kesehatan. Dalam setiap 3 ons oyong terdapat 20 kalori dan 20 persen kebutuhan vitamin C.

Kandungan vitamin C pada oyong memberikan manfaat anti oksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Dengan demikian, bisa mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas dengan melengkapi kekurangan elektrolit dalam tubuh.

Tak hanya itu, oyong juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit radang usus. Caranya, ambil gambas yang sudah tua secukupnya, kemudian potong- potong lalu ditumbuk hingga halus. Setiap 20 gram bubuk oyong diseduh dengan air panas kurang lebih setengah gelas, lalu diminum 1-2 kali sehari. Marilah kita konsumsi sayur oyong ini yang sangat banyak manfaatnya bagi kita semua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih infonya

29 Mar
Balas

Oyong atau gambas, di daerah saya dikenal juga dengan nama kisik, Bu... Terima kasih sudah berbagi ilmunya, Bu. Barakallah.

29 Mar
Balas

wOW, OYONG TU ADEM ENAK BUND. SUKSES SELALU DAN BARAKALLAHU FIIK

22 Jun
Balas

Masya Allah...ada bu Doktor...teman ku Di KTI 5 Daring..

29 Sep

Saya suka sayur oyong, dan setelah membaca artikel di atas, makiiiiinnn...suka. Hatur nuhun pisan, Bu.

29 Mar
Balas

Terima kasih informasinya. Oyongnya gede banget. Mau dong. Salam kenal.

06 Nov
Balas

Sudah saya folow.

06 Nov
Balas

Sayur kesukaanku

06 May
Balas

Keren sekali tulisannya bu. Sukses selalu dan salam literasi

18 Oct
Balas

Oyong sama dengan pitulo ...keren informasinya Bu

18 Oct
Balas

Oyoooooong or Gambas

19 Mar
Balas

Oooooh....pantas bu Yus cantik , rupanya penggemar oyong toh

28 Mar
Balas

Terima kasih bu Yuswariani cantiq

28 Mar
Balas

Saya suka sayur ini ibuk

19 Mar
Balas

ManTuL bu Yus

22 Apr

kren tulisannya ibu Guru

14 Jul
Balas



search

New Post