Holifah Nur Azizah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
  Guru Penggerak Harus Memiliki Enam Profil Pelajar Pancasila

Guru Penggerak Harus Memiliki Enam Profil Pelajar Pancasila

Oleh: Holifah Nur Azizah SPd.MPd

(Guru SMA 2 Bondowoso)

Tantangan hari ke : 78

#TantanganGurusiana

Guru Penggerak Harus Memiliki Enam Profil Pelajar Pancasila

Menteri Pendidikan dan Kebudayan RI Nadiem Makarim mengatakan salah satu syarat yang harus dimiliki oleh guru penggerak adalah memiliki pemahaman tentang 6 profil pelajar pancasila dalam pencapaian merdeka belajar. 6 profil tersebuat adalah:

1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia

Penekan dalam poin ini adalah moralitas, integritas dan spriitualitas. manifestasi dalam kehidupan sehari hari adalah siswa mengerti bahwa dia harus cinta pada Tuhanya, cinta pada sesama manusia dan cinta pada alam.

2. Kreatifitas

Kreatifiats adalah kemampuan siswa untuk terus berkarya dan menemukan jalan dalam menghadapi perubahan jaman. dalam era digital ini siswa dipaju untuk bernovasi dan s menemukan hal hal baru.

3Gotong royong

diharapkan siswa mampu bekerja sama, berkolaborasi denagn siapapun sehingga saat kembali pada masyarakat siswa mampu membangun kerjasama dan team work dalam dunia kerja.

4.Pemahaman kebhinekaan global yakni menghormati perbedaan dan keberagaman. toleransi terhadap perbedaan . bisa menerima keberagaman tidak saja di lingkungan sekitarnya tapi juga memahami bahwa kita adalah bagian dari masyarakat dunia dengan segala perbedaan dan keberagaman.

5memiliki kemampuan benalar kritis.

bernalar kritis adalah kemampuan beranalisa, kemampuan untuk memecahkan masalah masalah real yang dihadapi dalam kehidupan nyata

nadiem menambhakan bahwa bernalar kritis adalah kemampuan untuk memecahkan permasalahan dan memiliki kemampuan untuk memilah informasi yang didapatkan. sehingga pesertadidik akan mampu berfikir secara terstruktur, sistematis dan juga kwantitatif ( dirilis dari akurat.co.)

6. kemandirian

kemampuan siswa siswi kita untuk mencari ilmunya sendiri, siswa secara proaktif melalkasakan pembelajaran dan menyelesaikan tugas ataupun projek. dengan demikian siswa menjadi generasi yang tangguh dan tidak mudah menyerah.

kuncu mind set kemandirian siswa siswi kita adalah bahwa saya harus menjadi lebih baik maka harus terus belajar, mencari ilmu karena . saya bisa menjadi lebih baik jika saya terus berusaha sehingga ada dorongan yang kuat untuk terus mencari ilmu,harus bekerja keras karena saya harus menjadi lebih baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post