Holisah

Lahir di Serang, 03 Mei 1979. Putri ke tiga pasangan H. Kurtubi dan Hj. Dewi fatimah. Tingal di Sempu Seroja Serang. Menikah dengan Idrus warga Kp. Pematan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Observasi Lapangan Sentul Fresh Bogor
Observasi Lapangan Sentul Fresh Bogor, 15 November 2022

Observasi Lapangan Sentul Fresh Bogor

Selasa, 15 November 2022.

Kunjungan ke Sentul Fresh. Bogor

Awalnya tanah seluas 5 ha yang berlokasi di Kp. Cijulang Rt.3 Rw.3 Cadas Ngampar Kec. Sukaraja Bogor digunakan untuk peternakan ayam. Namun karena ada wabah flu burung berubah menjadi peternakan sapi di tahun 2009. Kemudian tahun 2013 menjadi wisata edukasi sampai sekarang. Tutur Kak Hari tour Guide kami kepada guru-guru Biologi SMAN Kab.Serang.

Pak Ghozali ketua MGMP Kab. Serang meminta Kak Hari untuk menemani perjalanan kami selama di Sentul Fresh Bogor. Dengan senang hati beliau menerima dan menjadikan pertemuan ini sebagai ajang silaturahmi. Sebelumnya kami diminta meneriakkan yel-yel yang berbunyi "Guru SMA maju bersama hebat semua". Hal ini menambah semangat kami dalam menyimak apa yang akan disampaikan Kak Hari. Dalam kegiatan ini beliau membagikan tips dan trik bagaimana cara membuat Yoghurt. Dalam yoghurt terdapat bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Dalam pemaparannya proses pembuatan biang yoghurt bisa dilakukan dengan menambahkan 2 sendok makan biang yoghurt (Bio cool) plus 1 liter susu murni. Kemudian lakukan fermentasi selama 8 jam dan diamkan di suhu ruangan. Susu yg baru diperah tidak boleh digunakan. Jika memang diperlukan susu harus dipasteurisasi terlebih dahulu selama 4-5 menit dengan menggunakan api kecil. Selanjutnya panaskan susu jangan sampai mendidih. Kira-kira suhu 80-90 derajat celcius). Kemudian didinginkan sampai suhu 45 derajat/hangat kuku). Lalu campur susu dengan starter yoghurt. (Bisa menggunakan Bio cool) Biarkan selama 8 jam dalam suhu ruangan. Semakin lama semakin menggumpal. Jangan langsung minum masukan dulu kedalam kulkas 1-2 jam. Terang Ka Hari. Adapun trik yang disampaikan Kak Hari saat pencampuran dengan biang adalah wadah yang akan digunakan harus bersih agar tidak terjadi kontaminasi bakteri yg lain.

Kunjungan lanjutan yaitu ke peternakan sapi. Dimana guru satu persatu mencoba memerah susu sapi. Hihihi…suara ketawa ibu-ibu yang mencoba memeras sapi. Jangan dibayangkan Pak Ghoz… Celoteh salah satu peserta.

Perjalanan berlanjut ke kebun tanaman obat. Kak Hari menjelaskan tentang manfaat Kembang telang (Clitoria ternatea). Diantaranya adalah untuk mencegah dan mengobati asam urat. Baik akar, daun, dan bijinya. Kembang telang mengandung flavonoid, analgesik (penghilang rasa nyeri) dan anti inflamasi (penghilang radang) serta kaya antioksidan untuk mencegah penyebab kanker dan radikal bebas. Kembang telang mengandung vit c. Cara membuat ramuan minum dengam menambahkan 10 lembar kembang telang ke dalam 1 gelas air ke dalam panci.Tunggu sampai air berubah berwarna biru keunguan. Dinginkan lalu diminum. Untuk menambah cita rasa bisa tambahkan dengan madu atau gula. Atau dijemur kering gunakan sebagai teh. Selain itu bisa juga untuk mengobati sakit mata merah. Cukup meneteskan air rendaman kembang telang sebanyak 3-5 tetes sebanyak 2x sehari pagibdan sore hari.

Menjelang sore hari perjalanan kami lanjutkan ke pusat oleh-oleh Bogor. Tidak lupa sebelumnya sesi penutup diakhiri dengan sesi foto bersama. Terima kasih Kak Hari. Semoga suatu hari nanti bisa berjumpa lagi ucap Bu Dina dari SMAN 1 Lebak wangi.

Bogor, 14 November 2022 pkl. 16.53

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post