Holisah

Lahir di Serang, 03 Mei 1979. Putri ke tiga pasangan H. Kurtubi dan Hj. Dewi fatimah. Tingal di Sempu Seroja Serang. Menikah dengan Idrus warga Kp. Pematan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ojt 1 hari ke 1 (Diklat Calon Pengawas Sekolah)

Ojt 1 hari ke 1 (Diklat Calon Pengawas Sekolah)

Tagur hari ke 1#

Menulis#

MediaGuruIndonesia#

Assalamu 'alaikum warokhmatullahi wabarokatuh

Salam sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur kehadirat Allah yang telah memberikan limpahan rezeki, iman dan sehat kepada kita semua. Teriring solawat dan salam kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat serta pengikutnya sampai akhir zaman.

Alhamdulillah saya bisa memulai kembali aktivitas yang sempat tertunda karena beberapa hal. Ijinkan saya mereportase kegiatan hari ini yaitu ojt 1 hari ke 1 diklat Calon Pengawas Sekolah (CPS). Semoga dengan tulisan ini memotivasi saya pribadi agar lebih semangat lagi untuk menulis.

Tepat jam 08.00 Pengajar Diklat dari Bispar, Bapak Harry Ratiman memulai pemaparannya tentang OJT (On the Job Training) 1. Pada OJT 1 peserta mendapatkan penjelasan teknis tentang pendalaman materi, mengidentifikasi masalah pembelajaran, menyusun gagasan dan inovasi (program pengawasan) sebagai upaya mencapai dimensi kompetensi pengawas sekolah. Pelaksanaan OJT 1 dilaksanakan ditempat peserta bertugas imbuhnya.

Adapun tujuan pembelajaran pada tahap OJT 1 adalah:

1. CPS mampu mendalami substansi materi pokok yang terdiri dari tugas pokok kode etik pengawas sekolah, supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan

2. CPS mampu mengidentifikasi masalah pembelajaran di sekolah peserta melalui observasi dengan melibatkan stakeholder

3. CPS mampu menyusun gagasan dan inovasi (program pengawasan)

4. CPS mampu mengetahui peta kompetensi diri sebagai calon pengawas sekolah melalui instrumen Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK)

Lebih lanjut Pak Ratiman menjelaskan bahwa kegiatan OJT 1 dilaksanakan dalam moda daring dan luring. Moda daring menggunakan LMS dengan aplikasi video conference dan forum diskusi. Pengenalan LMS dilakukan sehari sebelum dimulainya diklat hari ini.

Pada akhir pemaparan dijelaskan mengenai tugas-tugas yang harus dikerjakan. Ada perasaan bingung bagaimana saya harus memulainya. Mampukah menyelesaikannya. Selesai pemaparan dibuka sesi tanya jawab yang sangat interaktif. Sungguh luar biasa pengalaman hari ini. Semoga kedepannya para CPS mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari kegiatan diklat ini. Semoga kami semua lulus dan mendapatkan SK tugas sebagai Pengawas Sekolah.

Serang, 2 November 2021; pukul 19:15

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post