Holisah

Lahir di Serang, 03 Mei 1979. Putri ke tiga pasangan H. Kurtubi dan Hj. Dewi fatimah. Tingal di Sempu Seroja Serang. Menikah dengan Idrus warga Kp. Pematan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pelaksanaan Asesment Nasional (AN)

#Tagur menulis hari ke 82#

#Media Guru Indonesia#Gurusiana#

Hari ke 3 Diklat daring Guru Belajar seri AKM

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bismillahirohmanirohim.

Pada diklat daring hari ke 3 membahas tentang Pelaksanaan Asesment Nasional (AN) .

Asesment Nasional rencananya diikuti oleh seluruh satuan pendidikan yang berada di tingkat Dasar dan Menengah. Peserta dipilih secara acak yaitu siswa kelas 5 SD, kelas 8 SMP/MTs dan kelas 11 SMA/MA serta program kesetaraan pada tahap akhir tingkat 2, 4 dan 6 yang dikelola oleh PKBM.

Tujuan dan fungsi AN tidak digunakan untuk menentukan kelulusan prestasi secara individu. Namun untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil AN diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan kegiatan pembelajaran.

Ada pertanyaan mengapa kelas 5, 8 dan 10 yang dipilih? Karena ketika mereka naik ke kelas berikutnya masih berada disekolah tersebut dan merasakan perubahan dalam pembelajaran. Sehingga sekolah dapat dikatakan telah berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam AN.

Selain siswa, guru dan kepala sekolah pun dijadikan objek peserta dalam penilaian AN. Sehingga diharapkan dapat memberi informasi tentang kualitas dan hasil pembelajaran disetiap satuan pendidikan. Sementara itu pada program kesetaraan berfungsi sebagai ujian kesetaraan.

Lebih lanjut bahwa AKM dilaksanakan secara adaptif. Artinya bahwa siswa dapat menyelesaikan soal sesuai tingkatan kemampuan siswa tersebut.

Bersambung

Serang, 22 Januari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post