Mukhaelani, S.Pd.,M.Pd.I

Terlahir sebagai anak desa yang tumbuh dalam lingkungan yang penuh kesederhanaan. Baik dari segi budaya, pendidikan apalagi ekonomi semua dalam suasana yang sed...

Selengkapnya
Navigasi Web

Arung Jeram Sungai Elo Sarana Olah Raga, Hiburan dan Pendidikan

oleh : Mukhaelani

Begitu banyak lahan yang dapat dimanfaatkan untuk refresing guna mengurangi kepenatan karena kesibukan sehari-hari. Sehingga, rencanapun dapat kita susun sedemikan rapi untuk ditempuh dalam sebuah acara jalan-jalan. Sebenarnya tidak harus jauh yang menghabiskan biaya banyak untuk melaksanakan kegiatan wisata sehat, terlebih yang edukatit atau banyak mengandung nilai-nilai pendididikan. Di wilayah Magelang ternyata terdapat sebuah lahan wisata yang begitu menarik dan menantang namun menyenangkan untuk dapat dinikmati bersama keluarga, teman sekantor, atau bahkan sekolah serta kampung.

Jika anda merencanakan sebuah perjalanan wisata yang menyenangkan dan berkesan bersama teman atau keluarga, bisa jadi mengikuti seperti yang sudah saya lakukan. Sebenarnya saya termasuk orang yang takut atau khawatir terhadar kedalaman air. Apalagi yang disertai dengan derasnya arus yang begitu menantang, atau menyeramkan kalau tidak boleh dibilang membahayakan. Namun setelah saya coba, dengan modal tekat dan dorongan untuk melindungi anak saya yang masih SMP, yang mana dia bersikukuh untuk mengikuti kegiatan ini, untuk itu saya berani merekomendasikan pada anda untuk mencoba paket wisata alam arung jeram sungai Elo Magelang ini. Lokasi sungai Elo terletak sangat dekat dengan objek wisata Candi Borobudur Magelang. Sehingga, kegiatan ini bisa dilakukan setelah jalan-jalan mengunjungi obyek wisata lain, misalnya candi Borobudur.

Sebelum rafting di Citra Elo, jika dari Jogjakarta, kita bisa lebih dahulu menelusuri jejak Pangeran Diponegoro, di Sasana Wiratama yaitu yang berdarah Ningrat, keturunan langsung Raja Yogyakarta, tetapi dia lebih memilih hidup bersahaja bersama rakyat jelata. Itulah Pangeran Diponegoro yang merupakan salah satu pejuang yang ditakuti penjajah Belanda. Letaknya sekitar 4 kilometer dari pusat kota Jogja, tanah seluas 2,5 hektar. Kemudian kita bisa mampir ke beberapa basecamp yang ada di Sungai Elo dalam bentuk paket Rafting. Paket wisata alam mengarungi sungai elo sudah disiapkan untuk anda para pengunjung. Untuk itu kita bisa menikmati petualangan seru mengarungi sungai elo sepanjang 12 km bersama River Guide yang memang sudah dipersiapkan dan berpengalaman lebih dari 10 tahun pengarungan arum jeram. Sungai elo memiliki variasi jeram grade I sampai III. Jeram dengan grade rendah seperti ini sangat ideal untuk wisata alam keluarga. Kita tidak harus bisa berenang untuk bisa menikmati paket arung jeram sungai elo ini, karena itu sudah disiapkan perlengkapan arung jeram standar internasional yang wajib dipakai saat pengarungan.

Sungai elo adalah salah satu sungai yang sangat ideal untuk berwisata arung jeram di kawasan Magelang, karena itu karakter aliran dan banjirnya yang begitu relatif stabil dan relatif aman untuk diarungi baik di musim kemarau atau musim hujan membuat kita terkurangi rasa was-was untuk mengikutinya. Sungai Elo berhulu ke Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran, sehingga tidak dipengaruhi oleh aliran material vulkanik dari Gunung Merapi. Kegiatan wisata arung jeram sungai elo ini dapat dinikmati di semua musim, baik musim kemarau ataupun penghujan. Lokasinya berada di Jalan Raya Mendut – Sendangsono km 0,2 Borobudur, Magelang.

Sekiranya kita benar-benar mau menambah akitifitas liburan rafting di Citra Elo, Salah satu caranya adalah menuju ke Jogja, dan kalau kita mau mencari penginapan murah, kita bisa menuju ke Prawirotaman. Di lokasi ini selain memiliki sederet penginapan terjangkau yang kebanyakan masih dikelola oleh satu keturunan secara tradisional. Kawasan berpredikat 'kampung internasional' ini pernah menjadi markas pejuang kemerdekaan hingga usaha batik ternama di kota Magelang dan yang selalu punya cara untuk menarik hati para wisatawan. Salah satu di antaranya adalah yang ada di daerah Kelurahan Wates ini, ada kampung organik. Kampung ini berisi beberapa sayur-sayur organik, yang bisa dijadikan kebutuhan makan sehari – sehari. Hal ini sangat cocok buat kita yang masih pengin piknik sebentar setelah rafting di Citra Elo.

Arung jeram magelang atau magelang rafting trip yang terbagi menjadi 3 paket yaitu paket wisata arung jeram sungai elo, paket arung jeram sungai progo atas dan paket wisata arung jeram sungai progo bawah merupakan kegiatan pengarungan sungai elo, progo atas dan progo bawah yang terbentang di kabupaten magelang yang dikelola oleh tim yang berpengalaman dari Citra Elo Rafting. Tim ini merupakan kombinasi dari tim sungai; yang terdiri dari River Guide dengan jam arung rata-rata lebih dari 10 tahun di berbagai sungai dan lintasan jeram, dan tim darat yang mendukung operasional pengarungan. Tim dituntut untuk tidak hanya mampu menjaga keselamatan, namun juga memberikan pelayanan terbaik dan bersikap ramah terhadap peserta pengarungan. Supervisi dan evaluasi terhadap kinerja tim dilakukan oleh seorang penanggung jawab kegiatan yang juga assessor dari Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI).

Citra Elo Rafting – PT. Citra Elo River adalah penyelenggara paket wisata arung jeram di sungai elo dan progo Magelang yang merupakan perusahaan swasta nasional pionir operator wisata arung jeram di Borobudur Magelang Jawa Tengah sejak 1995, Arung Jeram Magelang – Citra Elo memiliki ijin operasional resmi untuk kegiatan wisata arung jeram atau rafting. Citra Elo arung jeram magelang menyediakan paket wisata arung jeram di sungai elo, progo atas dan progo bawah Borobudur Magelang. Paket wisata arung jeram ini dikemas berdasarkan tingkat kesulitan jeram masing-masing sungai di mana sungai Elo untuk wisata arung jeram keluarga / family dan sungai progo untuk wisata arung jeram petualang / adventurer. Dengan penerapan standar keselamatan yang ketat, kegiatan ini aman untuk diikuti oleh berbagai kalangan baik pria maupun wanita dan dari orang tua sampai ke anak-anak minimal usia 10 tahun.

Cakupan Layanan Paket Wisata Arung Jeram Sungai Elo

1. Asuransi.

2. Sewa perlengkapan dan peralatan arung jeram.

3. Satu kali pengarungan di Elo Trip, didampingi minimal 1 orang River Guide tiap boat.

4. Transport lokal dari Base Camp Citra Elo ke Start Point.

5. Pemakaian sarana parkir dan sanitary di Base Camp Citra Elo.

6. Bonus pemakaian kolam renang dengan air dari mata air alami pada saat weekend.

7. Serifikat Pengarungan.

8. Satu kali paket konsumsi (trip break refreshment dan after trip meal).

Setiba di lokasi rumah makan, disajikan menu sajian yang dapat kita nikmati bersama rombongan. Dengan fasilitas yang begitu representatif, membuat pengunjung nyaman. Namun acara pengarungan yang merupakan aktifititas inti perlu segera dipersiapkan. Yaitu para anggota rombongan akan diajak menuju lokasi start dengan angkutan yang terkesan sederhana namun begitu representatif. Semua anggota rombongan akan diangkut dengan armada yang sudah disediakan. Sedang kendaraan pribadi atau mungkin bus yang mengangkut rombongan cukup ditinggal di lokasi rumah makan. Untuk hal yang demikian walaupun pihak rumah makan telah mempunyai petugas keamanan, memang masih perlu kita pikirkan keamanannya, untuk itu perlu dikunci rapat dan ada yang perlu menjaganya.

Begitu tiba di lokasi start, peserta berbaris dikemlompokkan sesuai dengan kebutuhan demi keamanan dan kenyamanan. Satu peserta dewasa yang mampu ditunjuk sebagai pemimpin. Kemudian yang lain bisa wanita atau anak-anak. Pengarahan untuk melakukan penaklukan medan diberikan oleh instruktur berpengalaman. Salah satu pemandu bernama Parjan, namun akrab dipanggil Toa, dengan gayanya yang kocak, membuat pengunjung menjadi percaya diri untuk melintasi lokasi. Setelah dibagi secara merata jumlah peserta dan pengarahan demikian cukup, segera naik perahu karet yang sudah disediakan. Satu perahu bisa dinaiki enam peserta dengan satu pemandu.

Dengan didorong oleh derasnya arus sungai Elo ditambah dayungan bersama para peserta segera menyusuri sungai di bawah rimbunnya tetumbuhan yang begitu hijau. Aneka rintakan berupa gundukan bebatuhan membuat arus curam dan berkelok. Hal demikian ini yang membuat nyali peserta tertantang untuk menjadi lebih terampil dan berani mengatasi medan. Kesetiaan bersama tim juga perlu dikokohkan. Hal itu bukan hal yang mustahil satu atau beberapa anggota atau penumpang tercebur karena guncangan arus. Rompi pelampung memang sudah dipakai semua peserta, namun kebiasaan di dalam mengatasi di air belum tentu dimiliki oleh peserta. Namun dengan informasi dan arahan yang diberikan sebelumnya dan intruksi-intruksi yang diberikan saat pengarungan berlangsung membuat kami yakin, mampu melewati rute.

Hal itu terbukti, setelah 6 km kami lalui, cukup menyita tenaga. Haus dan capaikpun terasa di badan ini. Dalam separoh perjalanan pemandu memrpersilahkan peserta untuk istirahat sejenak. Dengan menikmati makanan kecil yang tersedia ditambah air kelapa muda membuat kondisi badan pun jadi fresh kembali. Setelah istirahat beberapa menit dan dirasa cukup, perjalanan menyusuri derasnya arus sungai pun dilanjutkan. Tantangan demi tantangan kami lalui lagi. Indahnya tetumbuhan yang demikian rimbun di tepi sungai masih bisa kita nikmati. Tidak terasa 12 km kita lalui dan sampai finish. Di sini kembali di angkut denga kendaraan sederhana. Aneka komentar dari berbagai ekspresi di dalam pengarunganpun muncul selama perjalanan.

Karena kita semua berapa di sungai dengan derasnya arus yang mengguncang, membuat kita tidak mungkin bisa mendokumentasikan dalam bentuk gambar. Sehingga rasa kecewapun muncul. Namun kekecewaan itu terobati, karena penyelenggara memberikan sekeping CD. Ketika dibuka dalam perjalanan pulang melalui layar yang ada di dalam bus, ternyata isinya foto-foto peserta selama perjalanan mengarungi derasnya arus sungai tadi. Tidak ada satupun aktifitas peserta yang luput dari bidikan kamera. Sehingga dalam perjalanan pulang tercuat rasa gembira melihat gambar kita selama di atas derasnya arus sungai tadi. Ternyata penyelenggara telah memasang sejumlah fotografer di titik-titik tertentu untuk merekam aktifitas pengunjung. Dan, dalam waktu beberapa menit setelah acara selesai sudah tersaji dalam sebuah CD.

Untuk lebih jelasnya memang perlu mencoba dan menikmati derasnya sungai Elo ini. Kondisi alam yang menantang namun tetap harmonis akan mendekatkan kita pada alam. Pemandangan sepanjang perjalanan darat menuju start dapat kita nikmati berupa indahnya alam darat yang masih demikian hijau. Sedangkan sepanjang 12 km di atas derasnya arus sungai Elo kita juga dapat menikmati indahnya alam yang begitu rimbun. Aktifitas warga kampung berupan memancing juga bisa menyapa kita saat mengarungi arum jeram ini. ***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post