Mukhaelani, S.Pd.,M.Pd.I

Terlahir sebagai anak desa yang tumbuh dalam lingkungan yang penuh kesederhanaan. Baik dari segi budaya, pendidikan apalagi ekonomi semua dalam suasana yang sed...

Selengkapnya
Navigasi Web

SODAQOH

Sodaqoh, atau ada yang mengembangkan dengan nama sedekah. Hal ini merupakan tindakan ibadah yang berupa kegiatan memberikan sesuatu, baik itu berupa uang, barang atau jasa termasuk berupa ilmu pengetahuan dan informasi kepada orang lain. Sesuatu yang diberikan kepada orang lain tersebut tentu adalah sesuatu yang bermanfaat bagi penerima. Akan lebih baik lagi kalau dampak positif dari sedekah tersebut dapat diterima manfaaatanya oleh orang banyak.

Kategori tingkat manfaat yang bisa dirasakan oleh penerima sedekah tersebut akan mempengaruhi tingkat atau besar kecilnya pahala yang akan diterima oleh orang yang bersedekah. Hal ini banyak diperhatikan karena dampak positif dari sedekah yang diharapkan oleh pelaku sekah adalah pahala dari Allah. Untuk itu perlu sekali kita memahami. Namun hal ini suatu saat akan diabaikan kalau tingkat keikhlasan kita sebagai orang bersedekah semakin meningkat tingkat keimanan dan ilmu ntnya . Berikut ini ada beberapa kategori tentang keutamaan bersedekah.

Memberikan shodaqoh lebih utama kepada Famili yang kurang mampu terlebih dahulu termasuk Infaq, Zakat. Hal ini untuk menghindari putusnya silaturrohmi. Pemberian shodaqoh kepada Famili yang kurang mampu (Faqir / miskin) tersebut masih bisa disertai niat kalau ibadah shodaqoh itu mendapat pahala mohon kepada Allah ; untuk dihadiahkan kepada orang tua kita yang sudah meninggah. Hikmah dari Ibadah yang demikian ini, di dunia akan terjalin silaturrohmi dengan keluarga / famili, di alam Kubur Orang tua kita akan mendapat tambahn nikmat (pahala). Sedang kita yang beramal Insya Allah tetap tidak terkurangi pahalanya.

Bisa jadi ini timbul pertanyaan mengapa famili ? mengapa tidak orang lain. Itulah ajaran islam untuk lebih mengedepankan silaturohmi. Bukan popularitas di masyarakat luas yang diutamakan. Hal demikian bukan berarti adanya ajaran nepotisme dalam amalan beribadah, tapi justru silaturohmi yang lebih dikedepankan. Selanjutnya meluas ke para tetangga dan masyarakat luas lainnya.

Kalau yang demikian ini dapat terwujud dan diaplikasikan dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat, diharpakan kesejahteraan akan mewujudkan kebahagiaan umat atau masyarakat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sedwkah untuk umat. Sedekah untuk keluarga ya pak. Sepakat Pak Mukhaelani.

03 May
Balas

Ya, begitulah. Dirasa lebih bermanfaat, termasuk membuang duri, paku dll yg membahayakan pemakai jalan , dari jalan, juga termasuk sedekah. Tersenyum juga sedekah.

31 May
Balas



search

New Post