Fransisca Setyatun, S.Pd.

Sejak 1991 menjadi guru di SMP Fransiskus Tanjungkarang Bandarlampung. Setelah berkarya selama 32 tahun, terhitung 1 Februari 2023 memasuki purnabakti. P...

Selengkapnya
Navigasi Web

PEPENGET

Janji Hati

Tantangangurusiana

4 April 2024

PEPENGET

Oleh: Fransisca S. Tanoyo

Mengenang kepergian adik lima tahun lalu. Hari ini diperingati dengan mengirim doa bersama umat lingkungan. Pepenget ditandai dengan Mmmmmisa dipimpin oleh Romo Kristinus C. Mahulae,OFM.Cap.

Misteri kematian itu sungguh sulit diterima nalar manusia. Kuasa Allah Sang Pemilik Kehidupan memanggil umatNya sesuai waktuNya. Aktivitas jelang pemilu lima tahun lalu mungkin menguras energinya. Aktivitas di tempat kerjanya, belum lagi kegiatan pelayanan di gereja yang sangat padat.

Hal yang dirasakan oleh adik hanyalah lelah, yang bisa tuntas dengan sebentar istirahat. Beberapa teman yang mengajak berobat ke dokter ditolaknya. Pagi hari di tanggal 4 April dia beristirahat di rumah. Anak- anak yang biasanya berangkat sekolah bersamanya dilepas dengan berkat.

Dia minta tolong istrinya untuk meminta ijin kepada atasannya. Istrinya baru mengangkat telfon, saat itu didengarnya suaminya menghela nafas. Spontan istrinya bergegas masuk kamar, didapati suaminya pingsan. Gerak cepat untuk membantu suaminya. Dengan ditolong tetangga dan teman-temannya, suaminya dibawa ke rumah sakit. Siapa sangka peristiwa itu adalah cara Tuhan memanggil pulang.

Tak terbayang beratnya istri sebagai ibu rumah tangga dengan 3 anak melanjutkan hidupnya. Waktu itu anak pertama masih kuliah di yogya, yang kedua masih SMA, dan bungsu baru kelas 6. Bagaimana cara Tuhan bekerja atas keluarga ini, hingga kini anak pertama sudah bekerja, yang kedua kuliah semester akhir, dan bungsunya sudah SMA.

Misteri kematian, misteri kehidupan, harusnya dimaknai lebih mendalam dalam keheningan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

semoga Tuhan memberi jalan keluar

05 Apr
Balas

Semoga selalu dalam lindungan Tuhan

05 Apr
Balas



search

New Post