Fransisca Setyatun, S.Pd.

Sejak 1991 menjadi guru di SMP Fransiskus Tanjungkarang Bandarlampung. Setelah berkarya selama 32 tahun, terhitung 1 Februari 2023 memasuki purnabakti. P...

Selengkapnya
Navigasi Web

SAUDARA ATAU TETANGGA

Janji Hati

Tantangangurusiana

11 April 2024

 

SAUDARA ATAU TETANGGA

Oleh: Fransisca S. Tanoyo

 

Siapa yang disebut sebagai saudara? Kadang pemikiran spontan kita pasti mengacu bahwa saudara itu kakak adik kandung. Tidak salah sebenarnya, tetapi setelah wawasan berkembang pola pikir manusia sebagai makhluk sosial menyadari bahwa orang yang ada di sekitar kita adalah saudara.

Salah satu contohnya adalah tetangga. Mereka orang lain yang dipertemukan di dalam lokasi tinggal yang sama. Tetangga menjadi orang terdekat dalam mengarungi suka duka.

Kedekatan  antar tetangga yang kuat dan inspiratif saya peroleh dari  saudara saat silaturahim ke rumahnya yang bersih.

Hubungan antar  keluarga yang  terjalin tahunan mampu menghapus jarak. Mereka seperti  bersaudara, yang membuat tetangga lain terpesona.

Tetangga yang baik itu sebut saja namanya Pak Boly. Dia prihatin dengan tetangganya yang masih ngontrak itu bertambah beban  karena kesulitan air. Dia merasa berat berpisah dengan tetangganya itu.

Saya terharu dengan kebaikan tetangga baru ini. Untuk  membantu  kesulitannya terkait air. Pak Bolly memasang PAM untuk membantu tetangganya dan supaya tidak memikirkan untuk pindah.

Inikah gambaran ideal seorang saudara?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Btl bgt bunda. Sdr terdekat adlh tetangga kita. Aplgi di rantau, ya?

12 Apr
Balas



search

New Post