Fransisca Setyatun, S.Pd.

Sejak 1991 menjadi guru di SMP Fransiskus Tanjungkarang Bandarlampung. Setelah berkarya selama 32 tahun, terhitung 1 Februari 2023 memasuki purnabakti. P...

Selengkapnya
Navigasi Web

TAGLINE (4)

Janji Hati

Tantangangurusiana

8 April 2024

TAGLINE (4)

Oleh: Fransisca S. Tanoyo

Mengapa menyampaikan inspirasi dua tokoh ini di hadapan orang tua siswa di ujung akhir siswa kelas 9 sebelum Ujian akhir?

Orang tua dan para guru di sekolah memiliki tugas yang sama untuk mempersiapkan dan membantu anak-anak menumbuhkan kepercayaan diri membangun pondasi cita-citanya lebih kuat lagi. Tugas orang tua membantu membangun mimpi, menggali potensi dan kreativitas tersembunyi dengan menumbuhkan tagline-tagline baru yang akan dihidupi.

Ungkapan latin Doctus Cum Libro, Kepandaian datang karena buku mengajarkan bahwa kepandaian, memiliki banyak pengetahuan merupakan buah dari membaca. Semakin banyak membaca semakin banyak pengetahuan yang didapatkan. Manusia belajar tidak hanya dengan membaca saja tetapi juga harus belajar banyak untuk mendengarkan. Berpengetahuan artinya harus melakukan keduanya membaca dan mendengarkan.

Cukupkah Pengetahuan?

Pengetahuan saja ternyata tidak cukup. Pengetahuan harus nyata dalam tindakan. Seseorang dikatakan berpengetahuan apabila menghasilkan karya yang hasilnya jauh melampaui dari yang bukan ahlinya.

Kepada anak-anak pemahaman tentang pengetahuan ini harus disampaikan sejak dini. Pekerjaan berat dan tidak mudah ini akan dikerjaan secara bersama, bersinergi antara orang tua, guru, masyarakat, dan pemerintah. Pekerjaan menantang dalam menghadapai anak-anak era milenial yang sangat kompleks supaya tak ada celah bahaya mengancam generasi muda harapan bangsa.

Selama tiga tahun di jenjang sekolah menengah, sinergi orang tua dan pihak sekolah sudah dibangun kuat. Semua yang sudah diupayakan untuk memberikan bekal terbaik tentunya akan berbuah baik juga. Orang tua dan guru harus hadir buat anak-anak karena jauh di lubuk hati mereka ada ketakutan dan kecemasan karena merasa tidak mampu memenuhi harapan orang tua. Orang tua harus hadir membantu memberikan kepercayaan dan cahaya pengharapan.

Seperti Tony dengan tagline “Now Everyone Can Fly” maka anak-anak juga bisa merumuskan tagline-tagline cerdas untuk membangun impiannya yang jauh lebih indah.

(Selesai)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap surantap ulasannya Mbakyu. Sukses selalu

09 Apr
Balas

Keren, Bunda. Smga sy pun bs memotivasi mrd & ortu unt spt itu. Berkah Dalem

09 Apr
Balas



search

New Post