Ihat Solihat

Menulis menebar kebaikan untuk tetap berkarya...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sambutlah Ramadhan dengan Gembira

Sambutlah Ramadhan dengan Gembira

#Tantangangurusiana #Gurusianaharike-78

Sambutlah Ramadhan dengan Gembira

Bulan suci ramadhan sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim. Kita harus senantiasa bergembira menyambut bulan ramadhan karena merupakan salah satu tanda keimanan kita pada Allah SWT.

Bagaimana para ulama dan orang shalih sangat merindukan dan berbahagia jika Ramadhan akan datang. Ibnu Rajab Al-Hambali berkata,

ﻗَﺎﻝَ ﺑَﻌْﺾُ ﺍﻟﺴَّﻠَﻒُ : ﻛَﺎﻧُﻮْﺍ ﻳَﺪْﻋُﻮْﻥَ ﺍﻟﻠﻪَ ﺳِﺘَّﺔَ ﺃَﺷْﻬُﺮٍ ﺃَﻥْ ﻳُﺒَﻠِّﻐَﻬُﻢْ ﺷَﻬْﺮَ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ، ﺛُﻢَّ ﻳَﺪْﻋُﻮْﻧَﺎﻟﻠﻪَ ﺳِﺘَّﺔَ ﺃَﺷْﻬُﺮٍ ﺃَﻥْ ﻳَﺘَﻘَﺒَّﻠَﻪُ ﻣِﻨْﻬُﻢْ

“Sebagian salaf berkata, ‘Dahulu mereka (para salaf) berdoa kepada Allah selama enam bulan agar mereka dipertemukan lagi dengan Ramadhan. Kemudian mereka juga berdoa selama enam bulan agar Allah menerima (amal-amal shalih di Ramadhan yang lalu) mereka.“[1]

Kenapa harus bergembira menyambut bulan suci ramadhan?

Kegembiraan tersebut adalah karena banyaknya kemuliaan, keutamaan, dan berkah pada bulan Ramadhan. Beribadah semakin nikmat dan lezatnya bermunajat kepada Allah.

Datangnya bulan suci ramadhan disambut gembira oleh orang muslim ibarat akan menyambut tamu agung yang ia nantikan. Tentu lebih senang lagi jika kita dapat menjumpai bulan suci ramadhan.

Kita sebentar lagi dan tinggal menghitung hari untuk menyambut bulan suci ramadhan, akankah disambut gembira dengan kondisi di negeri kita dan bahkan sedunia yang sedang prihatin dilanda pandemi covid-19?

Sebagai seorang muslim kita harus tetap menyambutnya dengan keadaan senang dan gembira walau dalam keadaan kondisi apapun. Kita berpuasa selama sebulan, berdo'a meminta ampunanNya dan meminta ridhoNya, tarawih, sholat malam dan banyak lagi ibadah sunah lain yang dilipat gandakan pahalanya di bulan suci ramadhan ini.

Semoga kita dapat dipertemukan dalam menyambut bulan suci ramdhan dengan gembira, sehat walafiat. Àamiin.

Sumber: https://muslim.or.id/29974

Oleh: Ihat Solihat_SMPN 1 Rumpin Tanggal: 7 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Smg Ramadhan nanti, suasananya sdh aman ya Bun...

07 Apr
Balas

Iya Bu, Aamiin. Terima kasih sudah mampir

07 Apr

Sedih Bun, ramadhan datang tidak boleh tarawih berjamah, shalat id, dan mengunjungi sanak saudara di kampung

07 Apr
Balas

Iya sedih saya juga karena tidak boleh kegiatan berjamaah semoga pandemi Corona cepat berlalu.

07 Apr



search

New Post