Supardi Harun Ar Rasyid

lahir di Kab.Sukoharja,Jawa Tengah.Lulusan IKIP Negeri Semarang ,jurusan bahasa Inggris. Sebagai pecinta literasi dan pemerhati pendidikan.Pernah me...

Selengkapnya
Navigasi Web
BULAN BAHASA MENGUNDANG RASA

BULAN BAHASA MENGUNDANG RASA

Reportase

BULAN BAHASA MENGUNDANG RASA

Oleh :Supardi HR

Peringatan bulan bahasa 2023, di lingkungan sekolah Citra Bangsa dilaksanakan pada Jumat,27 Oktober 2023 di halaman sekolah Citra Bangsa. Berbagai macam kegiatan dan perlombaan. Diantaranya, readathon, retelling,best reader, doorprize dan lain -lain.

Adapun tema bulan bahasa tahun ini adalah Literasi dalam kebinekaan untuk kemajuan bangsa.

Tepat pukul 07.00 pagi acara dimulai. Para siswa dan guru berkumpul duduk dengan rapi di halaman sekolah. Bapak Supardi Harun Ar-Rasyid selaku ketua panita memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau meras bangga dan senang bisa mengadakan kegiatan dan perlombaan setiap bulan oktober pada peringatan bulan bahasa.

" Saya dan kita semua merasa senang bisa berkumpul di halaman sekolah ini mengikuti acara lomba-lomba dan kegiatan di bulan bahasa".

" Bangsa Indonesia kaya akan budaya. Berbagai macam suku , etnis, bahasa daerah. Perbedaan itu bukan menjadi kelemahan, namun menjadi kekuatan " pungkasnya dalam sambutannya.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa seluruh TK,SD, SMP dan SMK Citra Bangsa yaitu sekitar 490 siswa. Selain itu juga di hadiri guru dan kepala sekolah di semua unit. Adapun tempat kegiatan diselenggaran di halaman sekolah .

Acara pertama adalah readhaton. Seluruh siswa diberikan waktu selama 20 menit membaca buku. Yaitu buku fiksi atau cerita,tidak perbolehkan membaca buku pelajaran atau buku paket.

setelah selesai membaca buku,selanjutnya adalah bercerita.Tidak menyangka ternyata banyak sekali siswa yang ingin bercerita di depan. Mereka sangat antusias. Karena keterbatasan waktu maka hanya delapan siswa yang diberikan kesempatan.Adapun yang lain insya Allah tahun depan. Dari delapan siswa tersebut dipilih 3 besar. Sebagai juara pertama adalah Zafira kelas 4 SD, dengan judul cerita bawang merah dan bawang putih. Juara kedua diraih oleh Ferdi kelas 9A SMP IT Citra Bangsa, adapun juara ketiga adalah Ahtan Dayan kelas kelas 3 SD IT Citra Bangsa.Masing-masing pemenang diberikan hadiah menarik.

Adapun best reader juga dipilih tiga pemenang. Dibacakan langsung oleh Mbak Diyàh Ayu Wulandari, sebagai petugas perpustakaan. Adapun best reader pertama adalah Rasya Surya kelas kelas 9B, best reader dua adalah Zafira kelas 5 dan best reader ketiga adalah Alka kelas 3 SD. Ketiga pemenang diberikan hadiah yang menarik.Pengahargaan best reader baru diadakan tahun ini. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi siswa untuk gemar membaca buku. Baik di rumah, di perpustakaan sekolah ataupun di perpustakaan digital sekolah Citra Bangsa.

Sebagai acara yang ditunggu-tunggu oleh siswa adalah pembagian door prize. Para siswa mendapatkan kupon khususnya bagi mereka yang membawa dan membaca buku.

Panitia,tim literasi mengambil kupon doorprize secara random. Bagi yang beruntung mereka mendapatkan hadiah doorprize menarik. Diantaranya, alat tulis, makanan dan juga amplop yang berisi uang kurang dari satu juta rupiah.

Secara keseluruhan kegiatan bulan bahas di sekolah Citra Bangsa berjalan dengan lancar . Semua peserta kelihatan senang dan bahagia.

Tim literasi, terus menggaungkan gerakan literasi sekolah agar para siswa dan guru menjadi insan literate.

Bekasi 28 Oktober 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, Pak.

29 Oct
Balas



search

New Post