yuliati mulyana

Tinggal di Kabupaten Bandung di SMP Negeri 1 Paseh di Jawa Barat Saya adalah seorang guru IPA profesional yang lahir di desa Sunda Tatar. Banyak yang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Apa Makna Bukber ?

Apa Makna Bukber ?

Bukber" adalah singkatan dari "buka bersama" dalam Bahasa Indonesia. Ini adalah tradisi di Indonesia di mana orang-orang berbuka puasa bersama-sama selama bulan Ramadan, terutama dengan keluarga, teman-teman, atau kolega. Tradisi ini seringkali menjadi momen untuk berkumpul, berbagi makanan, dan meningkatkan kebersamaan antar individu.

Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda, ‘Ada tiga orang yang mendapat naungan Arasy pada hari kiamat: orang yang menjaga silaturahim, seorang istri yang ditinggal mati suaminya kemudian membesarkan anak-anak yatimnya sampai Allah mencukupi mereka atau sampai mereka wafat, dan orang yang membuat makanan kemudian mengajak anak yatim dan orang miskin untuk makan.

Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturrahim." (HR Bukhari).

Makna bukber dan Keutamaan silaturahmi

Silaturahmi memiliki banyak keutamaan dalam agama Islam dan juga diakui sebagai nilai positif dalam budaya dan masyarakat. Beberapa keutamaan silaturahmi antara lain:

Mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT.

Meningkatkan hubungan antara sesama muslim.

Mendapatkan pahala dan kebaikan di sisi Allah SWT.

Membangun solidaritas dan persaudaraan di antara umat Islam.

Meredakan permusuhan dan memperkuat perdamaian dalam masyarakat.

Mempererat ikatan keluarga dan memperkuat hubungan dengan tetangga.

Memperoleh kebahagiaan dan keberkahan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Keutamaan silaturahmi menekankan pentingnya menjaga hubungan yang baik dengan sesama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, maupun antarumat beragama.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post