yuliati mulyana

Tinggal di Kabupaten Bandung di SMP Negeri 1 Paseh di Jawa Barat Saya adalah seorang guru IPA profesional yang lahir di desa Sunda Tatar. Banyak yang...

Selengkapnya
Navigasi Web
STRUKTUR BUMI Kelas 8 IPA SMP

STRUKTUR BUMI Kelas 8 IPA SMP

Bumi memiliki beberapa lapisan yang berbeda, dimulai dari lapisan terluar yang paling tipis hingga inti yang paling dalam. Lapisan-lapisan tersebut adalah kerak, mantel, dan inti (bagian dalam terdiri dari inti luar dan inti dalam). Setiap lapisan memiliki karakteristik dan komposisi material yang berbeda.

Bumi memiliki beberapa lapisan yang berbeda, dimulai dari lapisan terluar yang paling tipis hingga inti yang paling dalam. Lapisan-lapisan tersebut adalah kerak, mantel, dan inti (bagian dalam terdiri dari inti luar dan inti dalam). Setiap lapisan memiliki karakteristik dan komposisi material yang berbeda.

Struktur bumi

Bumi memiliki struktur yang terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda, dimulai dari luar dan menuju ke dalam. Lapisan-lapisan tersebut adalah:

Kerak: Ini adalah lapisan terluar Bumi yang kita tinggali. Terdiri dari kerak samudera yang lebih tipis dan kerak benua yang lebih tebal. Kerak samudera terbuat dari batuan basaltik yang lebih padat, sementara kerak benua terdiri dari batuan granitik yang lebih ringan.

Kandungan kerak bumi terdiri dari oksigen, oksigen, silikon, besi, alumunium, kalsium, magnesium, natrium, dan juga kandungan batuan berharga seperti emas, perak, platinum, atau karbon dalam bentuk berlian dan grafit. Ada dua macam lapisan kerak bumi, yaitu kerak benua yang terdapat di daratan dan kerak samudera yang merupakan dasar laut. Ketebalan kerak benua antara 30-70 km sedangkan kerak samudera 6-11 km.

Lapisan kerak bumi ini merupakan lapisan yang paling kurang rapat (memiliki massa jenis terendah) dibandingkan lapisan bumi lainnya, sehingga berada paling atas. Bahkan pada suatu bagian terdalam di kerakbumi, suhu mencapai 870°C. Dapatkah manusia hidup pada suhu tersebut?

Mantel: Mantel terletak di bawah kerak dan merupakan lapisan terbesar di Bumi. Mantel terbagi menjadi mantel atas dan mantel bawah. Mantel atas bersifat lebih padat dan kaku, sementara mantel bawah cenderung lebih panas dan memiliki viskositas yang lebih tinggi.Lapisan mantel luar lebih tipis, yaitu hanya sekitar 35-410 km, sedangkan lapisan mantel dalam 410-2.900 km. Lapisan mantel luar dan kerak bumi membentuk litosfer. Suhu pada lapisan mantel paling luar sekitar 250°C. Lapisan mantel berbentuk padatan, terdiri dari batuan-batuan silikat yang mengandung besi dan magnesium yang bersifat mudah bergerak, terutama pada lapisan mantel dalam. Hal ini disebabkan oleh suhu lebih tinggi yang mencapai 2500°C sehingga walaupun berbentuk padatan namun bersifat mudah bergerak atau plastis dikarenakan mengandung logam-logam cair. Karena banyak mengandung batuan inilah, lapisan mantel lebih rapat (bermassa jenis lebih tinggi) dibandingkan kerak bumi.

Inti: Inti terletak di pusat Bumi dan terdiri dari dua bagian: inti luar dan inti dalam. Inti luar diduga terdiri dari campuran besi cair dan nikel, sementara inti dalam diyakini terdiri dari besi padat yang sangat panas karena tekanan yang sangat tinggi.

Berbeda dari kerak dan mantel bumi, lapisan inti luar adalah satu-satunya lapisan yang terdiri dari cairan yang pekat, yang disebut cairan magma. Tidak ada air di sini, cairannya terbuat dari lelehan besi dan nikel. Ketebalan lapisan ini adalah 2.900 km – 5.100 km. Suhu di inti luar bumi berkisar antara 3.800 sampai hampir 6.000°C.

Inti Dalam Bumi

Lapisan inti dalam memiliki suhu tertinggi, yaitu antara 5.000-7.000°C. Ketebalannya antara 5.1006.400 km. Selain kandungan besi dan nikel, di inti dalam juga terdapat belerang, karbon dan oksigen, serta silikon dan kalium dalam jumlah sedikit. Tidak seperti inti luar yang berbentuk cairan, inti dalam.

Lapisan inti dalam memiliki suhu tertinggi, yaitu antara 5.000-7.000°C. Ketebalannya antara 5.1006.400 km. Selain kandungan besi dan nikel, di inti dalam juga terdapat belerang, karbon dan oksigen, serta silikon dan kalium dalam jumlah sedikit. Tidak seperti inti luar yang berbentuk cairan, inti dalam memiliki bentuk padatan karena tekanan yang sangat tinggi, sehingga batuan yang terdapat pada lapisan ini tetap berada dalam bentuk padat.

Nah, setelah mengenal bagian-bagian bumi,

tariklah kesimpulan dengan menjawab kembali pertanyaan yang ada di bagian apersepsi: apakah kita bisa menggali tanah dengan sangat dalam hingga bisa sampai ke bagian bumi lainnya? Mengapa demikian?

Struktur ini terbentuk melalui proses geologi yang kompleks dan telah menjadi subjek penelitian ilmiah selama bertahun-tahun.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post