yuliati mulyana

Tinggal di Kabupaten Bandung di SMP Negeri 1 Paseh di Jawa Barat Saya adalah seorang guru IPA profesional yang lahir di desa Sunda Tatar. Banyak yang...

Selengkapnya
Navigasi Web
UNSUR SENYAWA dan CAMPURAN

UNSUR SENYAWA dan CAMPURAN

Siswa kelas 8 kurikulum merdeka tengah belajar tentang unsur senyawa dan campuran.

Bagaimana menganalisa ketiganya?

Materi unsur, senyawa, dan campuran merupakan konsep dasar dalam kimia.Unsur: Zat murni yang terdiri dari atom-atom dengan jumlah proton yang sama di inti atomnya. Contohnya adalah oksigen, hidrogen, dan besi.

Senyawa: Zat yang terbentuk dari dua atau lebih unsur yang bergabung secara kimia dalam perbandingan tetap. Contohnya air (H2O) yang terbentuk dari hidrogen dan oksigen.

Campuran: Gabungan dua atau lebih zat yang tidak terikat secara kimia dan dapat dipisahkan secara fisik. Campuran dapat berupa campuran homogen atau heterogen. Contohnya adalah campuran air dan garam (air garam), atau campuran pasir dan kerikil.

berikut adalah perbedaan antara unsur, senyawa, dan campuran:

Unsur:

Terdiri dari atom-atom yang memiliki jumlah proton yang sama di inti atomnya.

Tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana melalui reaksi kimia biasa.

Contohnya adalah unsur hidrogen (H), oksigen (O), dan besi (Fe).

Senyawa:

Terdiri dari dua atau lebih unsur yang terikat secara kimia dalam perbandingan tetap.

Memiliki sifat-sifat yang berbeda dari unsur-unsurnya.

Dapat diuraikan menjadi unsur-unsur penyusunnya melalui reaksi kimia.

Contohnya adalah air (H2O), garam dapur (NaCl), dan karbon dioksida (CO2).

Campuran:

Merupakan gabungan dua atau lebih zat yang tidak terikat secara kimia.

Komponen-komponennya dapat dipisahkan secara fisik.

Tidak memiliki perbandingan tetap antara komponen-komponennya.

Contohnya adalah campuran air dan garam (air garam), campuran pasir dan garam, dan campuran udara.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

21 Mar
Balas



search

New Post