Zainaldi, M. Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MENJADI GURU YANG BERPENGARUH

MENJADI GURU YANG BERPENGARUH

tantangan hari ke-58

#gurusiana

Oleh: Zainaldi.

Menjadi guru yang berpengaruh dan disukai oleh siswa memang tidak semudah yang dibayangkan. Menjadi seorang guru yang berpengaruh harus siap mengajar dengan baik yang dibuktikan dengan tindakan. Menjadi guruh yang berpengaruh harus siap juga untuk melahirkan peserta didik berkarakter unggul. Semua akan terwujud jika seorang guru memiliki empat kompetensi pedagogis, profesional, kepribadian personal, dan sosial.

Kepetensi pedagogis kemampuan dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi wawasan kependidikan, pemahaman terhadap siswa, pengembangan kurikulum, dan perencanaan pembelajaran.

Kompetensi profesional, kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang meliputi konsep, struktur, dan metode dan keilmuan lain yang mendukung.

Kompetensi kepribadian, kemampuan personal yang mantap, stabil, dewasa, araif dan bijaksana, berwibawa, berakhlak mulia, menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat.

Kompetensi sosial, merupakan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan, menggunakan teknologi komunikasi secara efektif dengan peserta didik, sesama guru, tenang kependidikan orang tua wali peserta didik serta bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar.

Jika keempat kemampuan ini sudah dimiliki oleh seorang guru maka ia akan menjadi guru yang berpengaruh bagi siswanya. Ucapannya akan didengar, perbuatanya akan jadi teladan, penjelasanya akan berkesan, kehadirannya akan dinanti dan kepergiannya akan ditangisi. Maka hendaklah kita menjadi guru yang berpengaruh dengan pembekalan yang tangguh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post