Siti Zulaikah, S.Pd/Lika

Ridho Allah segalanya, InSyaa Allah qobul segala hajat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ayo Bermain Bersama Anak (349)

Ayo Bermain Bersama Anak (349)

 

 

Mengenalkan berbagai macam tantangan kehidupan pada anak dan melibatkan diri dalam kegiatan anak seperti makan, mandi, utamanya saat anak bermain.sangatlah penting. Cara mengasuh orang tua sangatlah mempengaruhi perkembangan anak untuk mandiri dan tangguh dalam menghadapi tantangan masa depan.

Investasi orang tua terhadap anak adalah di saat memberikan waktu lebih yang berkualitas. Kedekatan antara orang tua dan anak akan memberikan rasa aman dan percaya diri pada anak. Roslina Verauli, M.Psi seorang piskolog mengatakan salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membangun ikatan dengan anak adalah bonding time atau melakukan kegiatan bersama.

Masih menurut Roslina anak yang mempunyai bonding time bersama orang tua maka anak merasa dicintai dan akan sangat memepengaruhi kehidupan anak saat sudah mulai bersosialisasi atau mengenal orang lain.

Yang menjadi tantangan orang tua saat ini adalah mampukah kita menjadikan anak mandiri dan tangguh versi digital? Mengenalkan anak dengan gadget sah-sah saja karena gawai menjadi alat untuk belajar serta sarana hiburan bagi anak. Sebagai alat belajar di saat anak mencari informasi dan sebagai sarana hiburan di saat anak bermain game dan melihat youtube. Penggunaan gadget harus juga diawasi dan dibatasi.

Jangan hanya membelikan dan memberikan fasilitas mainan saja, itulah yang harus diperhatikan orang tua. Perhatian dan keterlibatan orang tua dalam menemani anak bermain sangatlah penting, utamanya saat anak memegang gadget. Dengan adanya orang tua di samping anak maka anak tidak akan terpaku pada layar gadget. Melainkan akan terbangun interaksi antara anak dan orang tua. .

 

 

Kalikepiting, 28 Desember 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post