Siti Zulaikah, S.Pd/Lika

Ridho Allah segalanya, InSyaa Allah qobul segala hajat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mandiri Ceria dan Gembira di Perjusa
Api unggun Perjusa SDN Kapasari i/292 tahun 2023

Mandiri Ceria dan Gembira di Perjusa

Semangat, antusias, gembira, dan wajah penuh keceriaan. Itulah gambaran siswa kelas V dan VI SDN Kapasari I/292 Surabaya. Mereka mengikuti kegiatan Perkemahan Jumat malam Sabtu (Perjusa) yang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 November 2023. Bertempat di halaman sekolah tengah. Upacara pembukaan dilaksanakan pada pukul 15.30 WIB, dipimpin Ka Kwaran Rini Winarsih dengan memberi motivasi kepramukaan. Dilanjutkan sambutan dan arahan Kamabigus.

Dalam sambutannya Kamabigus mengatakan,“Kegiatan ini merupakan implementasi dan pelaksanaan penguatan Pendidikan Karakter pada satuan pendidikan, yang antara lain memuat dan mengatur kegiatan ekstrakurikuer wajib, salah satunya adalah kegiatan pramuka. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kemandirian. Perjusa diikuti oleh 96 siswa yang terbagi dalam 14 regu.

Nama-nama regu adalah Malati, Saroja, Bunga Sepatu 5, Cana A, Bunga Sepatu B, Anyelir, Cana B, Macan Tutul, Harimau, Laba-Laba, Hiu, Scorpion, Kakatua, dan Panda. Pembina Pramuka dan pendamping adalah semua guru di sekolah ini. Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka sendiri telah berjalan rutin di SDN Kapasari I/292 di setiap Kamis untuk Penggalang dan Jumat untuk Siaga.

Rundown acara sudah disusun rapi oleh Dwi Oktavian Ahmad Nur selaku Pembina Penggalang. Jumat, 10 November 2023 adalah pukul 15.00-16.00 WIB registrasi peserta, 16.00-16.30 WIB upacara pembukaan, 16.30-17.15 WIB materi sandi dan yel-yel, 17.15-19.00 WIB ishoma, 19.00-20.00 WIB lomba PBB, 20.00-22.00 WIB api unggun dan pentas seni, 22.00-23.30 WIB renungan malam, 23.30-03.30 WIB berlayar ke pulau kapuk. Sabtu, 11 November 2023 adalah 04.00-05.00 WIB salat Subuh, 05.00-06.00 WIB senam pagi, 06.00-07.00 WIB sarapan pagi, 07,00-08.00 WIB fun game, 08.00-08.15 WIB pengumuman pemenang lomba, dan 08.15-09.00 WIB bersih-bersih dilanjutkan upacara penutupan.

Tampak kemandirian dan kekompakan saat siswa penggalang bekerja dalam kelompok baik saat lomba PBB, game, dan menata tempat tidur yang beralas tikar di kelas-kelas yang sudah ditentukan. Rangkaian kegiatan berjalan lancar dan sukses.

Dalam puncak acara api unggun, setiap regu menampilkan pentas seni gerak dan lagu serta yel-yel. Persiapan siswa dalam pentas seni ini tergolong cepat, namun beberapa regu dapat menampilkan gaya dan kreasi dengan bagus. Tepuk tangan dari semua pendamping dan regu lain sangat meramaikan hari yang beranjak malam.

Senam Pelajar Pancasila dan Kewer-Kewer membuat suasana ceria di pagi harinya. Tampak kegembiraan siswa saat fun game menata kaleng susu secara estafet. Upacara penutupan dilaksanakan dengan pengumuman pemenang lomba. Ayu Masfiatul Fuad Pembina Siaga membantu mengumumkan pemenang yaitu untuk regu perempuan juara 1 adalah regu Cana A, juara 2 adalah regu Bunga Sepatu 6, juara 3 adalah Cana B. Untuk regu laki-laki juara 1 adalah regu Laba-laba, juara 2 adalah regu Kakatua, dan juara 3 adalah Macan Tutul.

Ririn Kusfantarini guru kelas VI B dan sekaligus koordinator berharap semoga dengan kegiatan yang sudah terlaksana di Perjusa ini, peserta semakin memiliki karakter yang kuat sebagaimana tertuang dalam Dasa Dama Pramuka.

Menurur Ricky Ahmad Fahrezy siswa kelas V B , “Kegiatan ini merupakan pengalaman pertama dan merupakan pengalaman baru. Saya sangat terkesan dengan Perjusa ini. Oleh karenanya tahun depan saya ingin sekolah mengadakan kegiatan Perjusa yang lebih seru lagi.”

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Maturnuwun ...sukses juga untuk njenengan

17 Mar
Balas

Mantap ulasannya, Bu. Semoga sukses!

11 Dec
Balas



search

New Post