Eko Imam Suryanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
KEBERSAMAAN ATAU PEMAKSAAN

KEBERSAMAAN ATAU PEMAKSAAN

Layaknya sebuah Organisme, seluruh institusi atau lembaga membutuhkan kebersamaan dan saling kerjasama untuk bertumbuh dan berkembang. Menurut Burky dan Perry, pengertian dari sebuah organisasi merupakan sebuah kesatuan yang terdiri atas beberapa individu yang melakukan tindakan secara bersama dalam mencapai tujuan secara bersama. Berdasarkan bukunya yang berjudul Teori Organisasi menyatakan bahwa sebuah organisasi dibentuk karena adanya dorongan dari dalam diri sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu. Di dalam buku ini juga dibahas megnenai bagaimana cara bekerja sama dalam sebuah organisasi dan bagaimana organisasi dapat berjalan dengan baik. Menurut Lubis dan Husaini pada tahun 1987 sendiri adalah sekumpulan ilmu pengetahuan yang membicarakan mengenai mekanisme kerjasama antara dua orang maupun lebih yang dilaksanakan secara sistematis dalam mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan terlebih dahulu. Dari penjelasan awal diatas, jelas bahwa organisasi membutuhkan kerjasama dan kebersamaan , untuk mencapai tujuan. Ada dan aktivitas dan kesepakatan sebelum organisasi itu mencapai tujuannya. Biasanya dalam organisasi profit tujuan akan dibicarakan oleh para" Founding Father Organisasi " untuk memperlancar jalannya organisasi., dan biasanya akan diteruskan oleh generasi penerusnya dengan mengembangkan "Budaya Organisasi " untuk memperkuat Organisasi.Henry L. Gantt pada tahun 1861 hingga 1919, di dalam prinsipnya beliau mengeluarkan gagasan yang memiliki kesamaan dengan gagasan Taylor, yaitu: Kerjasama yang saling menguntungkan yang terjadi antara manajer serta seluruh karyaman yang ada. Lalu pertanyaan yang timbul bagaimana menciptakan kebersamaan dan kerjasama dalam organisasi tersebut. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan kebersamaan dan kerjasama 1. Membangun Tim yang Inklusif dan Beragam 2. Setiap Anggota Memiliki Tugas dan Tanggung Jawab yang Jelas 3. Membangun Kepercayaan Tim 4. Komunikasi yang Jelas dan Intens 5. Memberikan Tim Kesempatan untuk Mengambil Keputusan 6. Mengatur Waktu untuk Meeting Secara Bijak 7. Tidak Perlu Takut Mengatur Dinamika dalam Tim 8. Memberi Kesempatan Anggota Tim untuk Belajar Kerja Sama Tim yang Baik itu Seperti Apa? Setelah mempelajari cara membangun kerja sama tim, ada baiknya untuk mengetahui apa saja ciri-ciri kerja sama tim yang baik. Pada umumnya, tim yang baik memiliki empat komponen penting, di antaranya adalah: a.Setiap tim dibentuk untuk mewujudkan dan mencapai tujuan yang sama. b.Setiap anggota tim disatukan untuk bekerja sama dengan mencapai tujuan tersebut. c.d. Anggota tim membutuhkan komunikasi yang baik supaya saling berkoordinasi dan membagi tujuan bersama. Anggota dalam tim dapat mempengaruhi orang lain meski beberapa anggota tim lainnya dapat mempengaruhi orang lain dibandingkan dirinya tentang tujuan dan kegiatan dari perusahaan tersebut. Keberadaan sebuah tim selalu ada ketika anggota tim menerima dirinya sebagai satu kesatuan dalam sibuk Contoh Kerja Sama Tim yang Baik Berikut adalah contoh kerja sama tim yang baik, dilansir dari Opex Manager: Mengambil keputusan bersama secara kolektif. Setiap orang memiliki kesempatan untuk membagikan ide dan gagasan mereka. Menghormati keputusan bersama tanpa ada konflik. Saling support satu sama lain. Bertanggung jawab atas kesalahan yang diperbuat. Memiliki kesabaran saat menunggu anggota tim lainnya. Setiap anggota tim menunjukkan apresiasi terhadap satu sama lain. Melakukan diskusi untuk pekerjaan yang akan dilakukan. Saling mendukung ide satu sama lain. Memiliki keinginan untuk berkontribusi. Memiliki pikiran terbuka tentang ide baru. Setiap anggota saling memuji satu sama lain. Anggota bertanggung jawab terhadap tindakan yang diambil. Setia dan loyal terhadap anggota tim lainnya. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai kebersamaan dan kerjasama dibutuhkan komunikasi yang terbuka dan baik. Semua harus dilibatkan dalam membangun ide dan keputusan. Bukan Keputusan satu orang atau beberapa orang saja. Jika hanya keputusan satu pihak atau beberapa orang, berarti itu bukan KEBERSAMAAN TETAPI PEMAKSAAN karena ada beberapa orang atau beberapa pihak yang TIDAK DIHARGAI!!! SALAM BAHAGIA dan TETAP RENDAH HATI!!!
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post