Husni Mubarrok

Alhamdulillah, sudah 12 buku solo diterbitkan. Ia mulai tertarik di dunia literasi di akhir tahun 2016. Ketika guru dan siswa saling bercermin (Quanta) adalah k...

Selengkapnya
Navigasi Web
AJANG OPSI 2020, PENGALAMAN PERTAMA BERBUAH MANIS

AJANG OPSI 2020, PENGALAMAN PERTAMA BERBUAH MANIS

AJANG OPSI 2020, PENGALAMAN PERTAMA BERBUAH MANIS

Matsamas memang punya banyak cerita, selain pamornya sebagai sekolah juara yang kerap menghadirkan banyak tropy. Sekolah ini juga menyukai tantangan. Jika ada kesempatan baru, maka tak ayal, kesempatan itu pun diambilnya. Seperti halnya event yang baru saja diikutinya.

Iya, kemarin. Tepatnya hari Ahad, 22 November 2020. Matsamas mengikuti event olimpiade yang bertajuk OPSI (Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia) yang diselenggarakan oleh POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia) dengan model daring tingkat Nasional.

Pesertanya sungguh banyak, membludak. Setiap mapel bisa tembus hingga 2.000 lebih. Matsamas sendiri mengirimkan kurang lebih 17 duta terbaiknya, mulai dari mapel Matematika, Bahasa Inggris, IPA hingga IPS. Ada juga wakil dari guru yang ikut berpartisipasi.

“Saya suka tantangan, untuk mengukur kemampuan, makanya saya mengikutinya” ujar ustadz Husni Mubarrok, salah satu peserta OPSI dari guru Matsamas menjelaskan.

Sedianya, lomba dimulai tepat pukul 08.00 pagi. Namun, mengingat jumlah pesertanya yang sangat fantastik menyebabkan jaringan server pusat trobel hingga akhirnya lomba pun diundur ke jam satu siang.

“Agak kecewa sih, sebenarnya. Sudah siap-siap dari tadi di depan layar komputer. Eh, ternyata harus mundur beberapa jam kedepan” ujar A’al salah satu peserta dari Matsamas menegaskan.

Setelah menunggu beberapa jam, akhirnya lomba pun dimulai. Mulailah duta-duta terbaik Mastamas berkonsentrasi, berpikir tajam menyelesaikan soal-soal tingkat tinggi dengan penuh harap semoga hasilnya maksimal dan memuaskan. Ujian pun selesai, dengan durasi waktu 2 jam.

Setelah itu, tiga hari kedepan, menunggu pengumuman. “Perasaan dag-dig-dug tak karuan menyelimuti pikiran. Jangan-jangan gagal, dan tak jadi pemenang” celetuk Ratu salah satu peserta yang saat itu merasa cemas menanti tibanya hasil pengumuman.

Tibalah hasil lomba diumumkan. Tepatnya, di hari Rabu, tanggal 25 November 2020, pukul 18.26 melalui group telegram peserta OPSI 2020. Alhamdulillah, wakil-wakil terbaik Matsamas mampu unjuk gigi dan berhasil mendapatkan mendali. Iya, ada 3 mendali perak dan 2 mendali perunggu yang mampu diraih wakil-wakil Matsamas di ajang OPSI 2020 kali ini. Rinciannya, 2 mendali perunggu dari mapel Matematika dan 3 mendali perak dari mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).

Adalah Ratu Nahniyah dan Nadhia Kusumaningrum, santri Matsamas yang berhasil mendapatkan mendali perunggu OPSI pada mapel Matematika dengan menyisihkan 2.000 lebih peserta se nusantara. Sementara itu Muhammad Misy’al Ammar dan Muhammad Farih Adhyaksa Firdaus berhasil menyabet mendali perak mapel IPS. Tak lupa pula, wakil dari guru, ustadz Husni Mubarrok juga berhasil meraih mendali perak kategori guru IPS tingkat SMP.

Wah, wah sungguh luar biasa. Pengalaman pertama duta Matsamas di ajang OPSI 2020 tingkat nasional, berakhir manis. Alhamdulillah, Selamat. (HM)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat, pak. Smg makin sukses dan berkah

08 Dec
Balas



search

New Post