Husnul Abid

Sebagai Pendidik memiliki peran yang penting dalam transfer Knowladge kepada peserta didik. Lika-liku Pendidik banyak di jumpai ketika masuk dalam kegiatan bela...

Selengkapnya
Navigasi Web
Vaksin, Wani Pokok e !

Vaksin, Wani Pokok e !

Sebanyak 1000 lebih peserta didik MTsN Gresik mengikuti vaksinasi massal, pasca penerapan pembelaran tatap muka terbatas. Mereka terlihat sangat antusias saat mendapatkan program vaksinasi massal. Kegiatan vaksinasi berlangsung di Gedung Pendidikan Islam (GPI) dengan dibantu sekitar 25 tenaga kesehatan (nakes) dari UPT. Puskesmas Metatu.

Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung. Sebagai bentuk kepedulian, Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik menggelar vaksinasi tahap 1 dosis pertama jenis Cinovac. Jum’at, (17/9).

Vaksinasi di MTsN Gresik menyasar seluruh peserta didik, oleh karenanya sebelum pelaksanaan, seluruh peserta didik mengikuti deklarasi vaksin dengan memberikan tanda tangan di banner deklarasi. Hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmen dan dukungan terhadap vaksinasi. Mereka terlihat sangat semangat dan antusias.

Sebelum acara berlangsung, seluruh peserta didik telah mengisi form pendaftaran yang disediakan oleh tim UKS. Peserta didik diminta untuk membawa kartu identitas diri ketika datang, sebagai bukti telah terdaftar sebagai penerima vaksin.

Penyelenggaraan vaksinasi ini, tetap menerapkan protokol kesehatan selama acara berlangsung. Peserta didik yang terdiri atas kelas 7, 8, dan 9 tersebut menjalani vaksinasi Gelombang I dengan tertib. Hal ini tentu tak lepas dari dukungan dan kerjasama tim yang bertugas. Tak hanya dari pihak penyelenggara tetapi juga dari tim UKS MTsN Gresik, juga Tim mahasiswa PPL.

Kegiatan vaksinasi dikoordinir oleh Waka Kesiswaan Ibu Lucky Liss Setya Rini, turut terjun ke lapangan demi mendukung kelancaran dan ketertiban program vaksinasi Polsek Benjeng. Hal ini sebagaimana diamanatkan oleh Kepala Madrasah bapak Pamuji agar para guru dan pegawai turut mendukung suksesnya pelaksanaan vaksinasi bagi peserta didik MTsN Gresik. “Kita upayakan semaksimal mungkin dalam mengikuti vaksinasi massal untuk siswa MTsN Gresik agar berjalan lancar dan tertib,” tegasnya.

"Kegiatan vaksinasi alhamdulillah berjalan dengan lancar dan kondusif. Seluruh peserta didik yang terdaftar diberikan arahan dengan jelas dan dilayani dengan sebaik mungkin," kata Moh. Zainuri selaku Waka Humas.

Secara teknis, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, peserta didik dibagi dua gelombang. Gelombang pertama di mulai pukul 08.00 s.d 13.00 diikuti oleh peserta didik perempuan dari kelas 7, 8, dan 9. Sedangkan gelombang kedua dimulai pukul 13.00 s.d 16.00 diikuti oleh peserta didik lakik-laki.

Ummu Syafa’ah, selaku Pembina UKS MTsN Gresik menyampaikan bahwa “peserta didik mengikuti vaksinasi hampr 99 %, selebihnya tidak mengikuti dikarenakan beberapa faktor diantaranya sudah vaksin di rumah, tekanan darah tinggi, dan suhu badan panas, flu, batuk, dst. Bagi peserta didik yang belum vaksin, menunggu jadwal dari UKS dan UPT. Puskesmas Metetu.” Imbunya.

"Kegiatan vaksinasi diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyudahi pandemi yang telah memakan banyak korban jiwa serta melumpuhkan aktivitas masyarakat khususnya lembaga pendidikan, sehingga pasca vaksinasi pembelajaran tatap muka bisa kembali normal, mengingat Kabupaten Gresik sudah turun ke level PPKM 1, jadi hal tersebut menjadi motivasi bagi madrasah unutk menyikapi dengan hal-hal yang positif. Meski sudah masuk level 1, kami tetap memperhatikan protokol kesehatan”. Ungkap Pamuji.

dr. Rosaria Asna Yunani kepala UPT. Puskesmas Metatu dalam “obrolan santai” (Obras) yang bertajuk “Vaksin, wani Pokok e!” bersama Redaksi Podcast Miftah dengan Host ibu Farida Hanum Psikolog sekaligus BK di MTsN Gresik. ia mengatakan bahwa vaksin bukanlah obat pandemi, akan tetapi sebuah upaya untuk membentengi diri dari efek virus penyebab Covid-19. Oleh karena itu, meski anak-anak sudah vaksin, ia menghimbau agar mereka tetap selalu praktikkan 5M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas," imbaunya dalam obrolan santai. Kamis, (16/09).

Hal menarik di kegiatan vaksinasi, dari panitia yang dikoordinir oleh Mahsiswa PPL memberikan door price bagi peserta vaksin. Aneka macam hadiah diperuntukkan bagi peserta yang beruntung. “Selamat ya dik, dapat hadiah, di buka di rumah ya.” ucap kakak PPL.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen reportasenya, Pak. Salam literasi!

21 Sep
Balas

salam kenal dan salam literasi...

25 Sep

Luar biasa laporannya Husnul Abid, Barokallahu fiik sukses selalu

21 Sep
Balas

trimkasih bapak syaihu.. sang maestro literasi....

25 Sep



search

New Post